DesakuKabupaten SukabumiPemerintahan

Pesan Bupati Sukabumi Kepada Para Kepala Desa

Sukabuminow.com || Hingga Rabu (31/10/18) mendatang, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis) peningkatan kemampuan dan pengetahuan Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kepada Kades dan istrinya.

“Ini adalah upaya agar para Kades bertindak sesuai kewenangannya. Sedangkan Ladies Program lebih kepada bagaimana meningkatkan peran perempuan di desa melalui istri Kades. Bimtek ini diikuti masing-masing 81 peserta,” ungkap Ade Setiawan, Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa), Senin (29/10/18).

Marwan Hamami, Bupati Sukabumi, menegaskan kepala desa merupakan pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang, tugas, dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya. Serta melaksanakan tugas dari pemerintah pusat dan daerah.

“Itu sudah jelas tercantum dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014. Pembangunan dan pembinaan, serta pemberdayaan masyarakat harus dilakukan. Kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya juga harus dijaga,” papar Marwan.

Baca Juga :

Ia berpesan, para Kades yang dibekali anggaran besar oleh pemerintah pusat dapat meningkatkan kinerja dan berbuat seutuhnya untuk mensejahterakan masyarakat desa. Hubungan dengan berbagai kalangan, juga menjadi amanat yang disampaikan Marwan kepada para pembantunya di tingkat pemerintahan paling dasar itu.

“Gali dan maksimalkan potensi sumber daya alam dan manusia di wilayah masing-masing. Jalankan pemerintahan desa sesuai dengan perencanaan yang dirancang sebelumnya,” pesannya. (Bimbim)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close