Kabupaten SukabumiKomunitas

Pertanyakan Transparansi Pengadaan Antropometri, FPP Tak Puas Jawaban Dinkes

Sukabuminow.com || Forum Pemuda Palabuhanratu (FPP) kembali melakukan audensi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi. Audiensi kali ini digelar di Gedung PLUT Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/7/23) kemarin.

“Audiensi kemarin kami minta transparansi proses pengadaan alat antropometri yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dengan total anggaran 27,4 miliar kurang lebih,” ujar Ketua FPP Friady Mahyuzar Lubis, Kamis (27/7/23).

Onay -sapaan akrab Friady- menegaskan, pihaknya tidak luas dengan audiensi yang ditengahi Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi itu. Ketidakpuasan itu muncul lantaran jawaban Dinkes Kabupaten Sukabumi yang tidak menyebutkan dasar penentuan pemenang lelang.

“Jelas aturan itu sudah tertuang dalam juklak juknis yang diedarkan oleh tiga kementerian dalam surat edaran bersama,” tegasnya.

Lebih jauh Onay menduga, terdapat sebuah konspirasi untuk menentukan pemenang tender. Namun dirinya menegaskan, bahwa pihaknya telah mengirimkan surat permohonan pengawasan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dan saat ini, surat tersebut telah di tangannya.

“Yang diklik itu bukan harga terendah. Kami sudah mengirim surat ke KPK, ya silakan saja kalau Dinkes mau seperti itu,” tegasnya.

Di tempat sama Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Masykur Alawi mengatakan, pihaknya terbuka terhadap kritikan-kritakan yang masuk.

“Kami terbuka terhadap hal-hal seperti ini yang merupakan sosial kontrol bagi kami,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar menambahkan, pihaknya menerima surat yang berkaitan dengan pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi. Sehingga pihaknya menghadirkan kedua belah pihak dan memfasilitasi melalui audiensi.

“Dari dinas kesehatan untuk sementara tidak bisa memberikan penjelasan global dengan alasan ketidakhadiran Plt. Sehingga sebagai tanggung jawab kami kepada pimpinan, kami buat rekomendasi untuk nanti memanggil Plt Kepala Dinas Kesehatan agar bisa menjawab hal-hal yang di pertanyakan dalam audensi tersebut,” tandasnya. (Edo)

Editor : Ceppy ST

Berita Terkait

Back to top button