AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Selamat, Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi Terakreditasi A

Sukabuminow.com || Sebuah perpustakaan wajib memiliki standar nasional. Itu sesuai dengan mandat Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Dan Pengelolaan Perpustakaan. Standar tersebut kini telah dimiliki oleh Perpustakaan Dinas Arsip Dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi.

Hal itu dibuktikan dengan capaian Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Sertifikat Akreditasi diserahkan Kepala Dispusipda Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, Eman, di Graha Aula Pustaloka Dispusipda Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah perpustakaan kami sudah Akreditasi A. Perjalanan panjang untuk meraih itu sudah kami lalui. Tapi ini awal, kami harus lebih meningkatkan kualitas perpustakaan yang kami kelola,” tutur Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi, Eman, Kamis (27/7/23).

Akreditasi, kata Eman, merupakan upaya untuk memenuhi mandat Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Dan Pengelolaan Perpustakaan. Sejumlah indikator penilaian telah dilalui dengan hasil yang memuaskan. Sehingga Akreditasi A dalam genggaman.

“Terdapat enam komponen yang menjadi indikator penilaian akreditasi ini. Di antaranya komponen koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguat,” jelas Eman.

Sementara itu Kepala Bidang Perpustakaan, Yana Chefiana menambahkan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan enam komponen tersebut. Terlebih dalam hal pelayanan, sarana prasarana, penyelenggaraan kegiatan dan pengelolaan di perpustakaan. Pihaknya juga terus berkonsultasi dan melakukan bimbingan dengan Tim Perpusnas RI.

“Setelah meraih Akreditasi A, kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan juga pelayanan perpustakaan bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

“Kami menargetkan di akhir masa RPJMD 2021-2026 minimal 10 persen dari jumlah perpustakaan di Kabupaten Sukabumi, baik perpustakaan Pemda, sekolah, desa, dan perpustakaan komunitas bisa terakreditasi,” pungkasnya. (Ade Firmansyah)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button