Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Pelaku Pembunuhan di Jampangkulon Terancam Hukuman Mati

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Malam takbiran, Rabu (12/5/21) malam lalu, terjadi pembunuhan yang cukup sadis terhadap seorang bernama Edi Hermawan. Adapun tempat kejadian perkara (TKP) berada di Kampung Cikiwul RT 04/02 Desa Bojongsari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Pelaku berinisial TRP (24 th), yang merupakan seorang mahasiswa, telah ditangkap jajaran Polres Sukabumi, Jumat (14/5/21) kemarin.

“Tersangka ditangkap di hutan wilayah Lengkong Cijaksa, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon kemarin,” ungkap Kapolres Sukabumi, AKBP Lukman Syarif, dalam press conference di Mapolres Sukabumi, Sabtu (15/5/21).

Lukman menjelaskan, perbuatan nekat tersangka menghabisi nyawa korban, didasari oleh masalah utang piutang. Pelaku ditagih utang oleh tersangka.

“Tersangka ditagih utang oleh korban dan tidak sanggup membayar. Dari situ, muncul niat tersangka dan merencanakan untuk menghabisi nyawa korban di rumah kakaknya yang tidak jauh dari rumah orangtuanya,” jelas Lukman.

Ia menjelaskan, terdapat satu lagi korban yang juga dianiaya tersangka. Pria bernama Dariansyah yang merupakan rekan korban Edi, mengalami luka serius sehingga harus mendapatkan perawatan di RS Jampangkulon.

“Kami mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya satu bilah pedang, golok, pisau dapur, dua buah kwitansi dengan nominal terbilang Rp 63 juta, buku kwitansi, satu budle kertas dibungkus amplop cokelat, dan satu unit handphone beserta sim card,” beber Lukman.

“Tersangka disangkakan tindak pidana pembunuhan berencana dan atau penganiayaan yang mengakibatkan meninggal dunia, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 340 subsider Pasal 338 subsider Pasal 351 ayat (3) KUHPidana. Ancaman hukumannya pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close