Kabupaten SukabumiKomunitasPeristiwa

Pantai Cipatuguran ‘Dibebaskan’ Dari Batu Bara

Sukabuminow.com || Sekelompok masyarakat peduli lingkungan. Jumat (10/5/19) sore. Memenuhi Pantai Batu Bintang. RT 02/21 Cipatuguran. Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu. Kabupaten Sukabumi. Jawa Barat.

Bukan untuk rekreasi. Melainkan membersihkan lantai. Dari butiran batu bara yang tercecer. Akibat tongkang pengangkut batu bara. Tujuan Pembangkit Listrik Tenaga Uap : PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu. Yang karam dihantam cuaca buruk. Minggu (28/4/19) lalu.

“Kami berinisitif memunguti batu bara. Yang memenuhi Pantai Cipatuguran. Kami prihatin. Hampir dua pekan ini. Pihak yang berkaitan seperti tidak ada yang mau menyelesaikan masalah ini,” kata koordinator aksi peduli lingkungan : Tomi (24). Kepada awak media saat diwawancara.

Baca Juga :

Menurutnya. Sebaran batu bara di Pantai Cipatuguran tersebut. Sangat memiliki dampak terhadap lingkungan. Mulai dari merusak keindahan estetika. Hingga bahaya kimiawi. Karena batu bara termasuk dalam kategori limbah Bahan Berbahaya dan Beracun : B3.

“Kami khawatir. Itu mengganggu ekosistem laut. Dan kesehatan warga sekitar,” cetusnya.

Batu bara yang dikumpulkan dalam karung. Rencananya akan diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup : DLH Kabupaten Sukabumi.

“DLH yang akan memutuskan. Batu bara itu dibuang kemana. Karena masuk kategori B3. Makanya tidak boleh dibuang sembarangan,” ujarnya. (Anugrah)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Inline
Inline