AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Meriahkan HJKS Ke-153, Diarpus Gelar Lomba Literasi

Sukabuminow.com || Dinas Arsip Dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sukses menyelenggarakan Lomba Literasi. Lomba tersebut telah ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, di Komplek GOR Cisaat, Kamis (7/9/23).

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi, Eman mengatakan, Lomba Literasi digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar masyarakat.

“Ada aneka lomba dalam Lomba Literasi ini. Di antaranya lomba mewarnai, bercerita sunda, menulis dan membaca puisi, membuat cerpen, jingle, perpustakaan sekolah, dan pengelola perpustakaan,” terangnya.

Eman menjelaskan, Lomba Literasi merupakan salah satu bagian dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) Ke-153. Selain itu, lomba tersebut juga dijadikan sebagai ajang promosi perpustakaan era modern yang bukan sekadar membaca dan meminjam buku saja.

“Kami ingin mengimplementasikan fungsi perpustakaan. Apalagi di era teknologi informasi yang berkembang saat ini,” tandasnya.

Di tempat sama Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, meminta Lomba Literasi sering digelar untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Kabupaten Sukabumi. Bila perlu, kata Ade, Lomba Literasi digelar satu kali setiap semester.

“Peserta lomba ini dari tingkat anak usia dini hingga remaja. Anak usia itu harus terus dibimbing untuk menjadi generasi penerus bangsa yang andal. 2045 merupakan Indonesia emas. Adik-adik semua merupakan generasi penerus bangsa. Semoga kemajuan bangsa kita ada di tangan adik-adik semua,” ucapnya.

Ade juga meminta orangtua untuk terus memotivasi anaknya agar selalu semangat dalam beraktivitas yang positif. Ia menegaskan, peran orangtua sangat penting untuk mempersiapkan generasi bangsa dinera modern ini.

“Mohon anak-anaknya dimotivasi dan diberi semangat. Jangan sampai mereka terlena. Manfaatkan perpustakaaan yang ada. Perpustakaan sekarang berbeda dengan dulu. Sekarang lebih banyak aktivitas di perpustakaan, termasuk mengenai dunia digital,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button