AdvertorialKabupaten SukabumiParlemen

Makna HUT Kabupaten Sukabumi Menurut Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, memaknai HUT ke-150 Kabupaten Sukabumi secara mendalam dalam dirinya. Baginya, momen HUT ke-150 tahun Kabupaten Sukabumi ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih unggul, maju, dan harmoni.

“Usia 150 tahun itu bukanlah usia muda. Sudah matang secara materi dan secara sumber daya manusia di dalamnya. Makanya perubahan ke arah itu saya sebut sebagai makna dari HUT ke-150 tahun Kabupaten Sukabumi,” tutur Yudha, Kamis (10/9/20).

Ia menegaskan, di usia matang ini, sudah sewajarnya kemajuan tercermin dalam berbagai bentuk pembangunan yang ada. Ia menyebut, pembangunan yang dimaksud bukan hanya dari segi fisik, melainkan juga non fisik yang melibatkan unsur masyarakat di dalamnya. Sebab, di era demokrasi seperti sekarang ini, masyarakat menjadi ujung tombak pemerintah dalam memajukan sebuah daerah.

“Kita lihat, sudah banyak hasil pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Sudah banyak buktinya dan bisa dikatakan pembangunan terus berjalan sesuai harapan sebagian masyarakat. Saya katakan sebagian, karena memang pembangunannya belum merata. Belum sepenuhnya menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang ada di setiap pelosok daerah. Itu dirasa wajar, mengingat Kabupaten Sukabumi sangat luas mencakup 47 kecamatan,” terangnya.

“Pemkab Sukabumi wajib melakukan perubahan ke arah yang lebih maju dan modern agar pembangunan dapat dilakukan secara merata ke seluruh pelosok. Pembangunan yang mencakup segala hal ya. Dari mulai infrastruktur hingga pembangunan sumber daya manusia yang ada di setiap pelosok daerah Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Dengan potensi melimpah yang dimiliki, kata Yudha, masih banyak hal yang harus dikembangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi untuk memajukan daerah. Potensi yang ada seharusnya dapat dimaksimalkan untuk meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurutnya, akan sangat membanggakan jika Kabupaten Sukabumi mampu menyuplai hasil pertanian dan kelautan ke daerah lain. Bukan malah sebaliknya.

“Permodalan hingga pangsa pasar juga harus di carikan bagi masyarakat. Sehingga para pelaku usaha sejahtera dan Pemda mendapatkan PAD dari situ,” bebernya.

Kepada Pemkab Sukabumi, Yudha berharap, agar bisa lebih peka memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menyejahterakan masyarakat dan meraup PAD. Sinergitas yang sudah bagus harus lebih ditingkatkan lagi. Dan jangan terlena dengan apa yang sudah dilakukan.

“Jangan lupa juga, kita masih diselimuti Covid-19. Sehingga penerapan protokol kesehatan harus terus digaungkan kepada masyarakat. Jangan biarkan masyarakat Kabupaten Sukabumi menjadi korban virus tersebut,” pesannya.

“Dirgahayu Kabupaten Sukabumi ke-150 tahun. Semoga semakin maju, berubah positif menuju arah modern, sejahtera masyarakatnya, besar PAD-nya, dan lebih sinergis dengan seluruh perangkat yang ada,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close