Kabupaten SukabumiPemerintahan

Komitmen BPKAD Tertibkan Pengelolaan BMD Kabupaten Sukabumi

Sukabuminow.com || Upaya serius dilakukan Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sukabumi dalam menertibkan pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Terbaru, hal itu dibahas dalam rapat koordinasi dengan seluruh perangkat daerah dan kecamatan di Tanakita Campsite Kadudampit, 13 dan 14 Desember 2023.

Kepala Bidang Aset BPKAD Kabupaten Sukabumi, Herdiawan Waryadi mengatakan, pengelolaan BMD perlu dilakukan secara baik, tertib, dan sistematis, untuk mendukung pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah daerah dengan tingkat efektivitas yang memadai.

Baca Juga :

“Sesuai dengan Permendagri Nomor 47 tahun 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan Inventarisasi Dan Pelaporan BMD Pasal 50 Ayat 1 huruf B, bahwa pengguna barang atau kuasa pengguna barang melakukan inventarisasi BMD yang berada dalam penguasaannya berupa barang selain persediaan dan konstruksi dalam pengerjaan. Dan itu dilaksanakan paling sedikit lima tahun,” ungkapnya, Rabu (13/12/23).

Pihaknya juga terus berbenah dan berkomitmen untuk mendapatkan data yang reliable sesuai dengan asas fungsional, asas kepastian hukum, asas transparansi, asas efisiensi, asas akuntabilitas, dan asas kepastian nilai.

“Apalagi kan rencananya tahun 2024 nanti akan menggunakan aplikasi e-BMD. Rakor kemarin kami mengundang narasumber tenaga ahli dari lembaga pengkajian dan penerapan ilmu administrasi Universitas Indonesia,” bebernya.

“Tata kelola aset yang baik sangat berpengaruh terhadap laporan keuangan pemerintah Kabupaten Sukabumi menuju opini BPK RI Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kita sudah sembilan kali berturut-turut,” imbuhnya.

Dalam rakor kemarin, BPKAD Kabupaten Sukabumi menyerahkan penghargaan kepada Bappelitbangda, BKPSDM, dan DP3A, sebagai juara satu hingga tiga Pengelolaan BMD perangkat daerah non kecamatan. Sedangkan juara kecamatan diraih oleh Kecamatan Cisaat, Sagaranten, dan Gunungguruh. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button