AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPertanian

Ketersediaan Cabai Rawit Kunci Tekan Inflasi

Sukabuminow.com || Pemerintah terus fokus pada pengendalian inflasi di daerah. Di sektor pertanian, cabai rawit menjadi salah satu komoditas pangan penyumbang inflasi belakangan ini. Hal itu terjadi lantaran ketersediaannya terbatas.

“Karena ketersediaannya terbatas, harganya menjadi relatif naik di tingkat konsumen,” terang Kepala Bidang Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Deni Ruslan, Kamis (2/11/23).

Deni menegaskan, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat untuk menjaga ketersedian pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, mendukung kelancaran distribusi, serta menjaga stabilitas perekonomian di daerah.

b

Baca Juga :

“Pemerintah melalui Kementrian Pertanian RI memberikan bantuan benih cabai rawit kepada petani untuk menjaga stabilitas dan ketersediaan di pasar. Ini merupakan upaya untuk pengendalian harga di lapangan agar tidak terjadi inflasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan benih cabai rawit tersebut diharapkan mampu meningkatkan produksi di tingkat petani. Cabai rawit merupakan jenis tanaman yang cukup diminati karena harga jual relatif tinggi.

“Akhir Oktober kemarin kami melakukan monev pertumbuhan tanaman cabai rawit di Poktan Cibitung, Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar. Cabai rawit yang ditanam benihnya merupakan bantuan dari pemerintah dalam rangka menjaga inflasi tadi,” tandasnya. (Ade F)

Editor : Mulya H

Berita Terkait

Back to top button