AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPertanian

Pemberdayaan Lahan Tidur Wajib Dilakukan Daerah

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan terus mendorong peningkatan pangan di daerah terluas kedua di Jawa dan Bali setelah Kabupaten Banyuwangi ini.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, saat menghadiri Video Conference (Vicon) Peresmian Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023 oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Rabu (1/11/23).

“Tadi juga disampaikan Pak Wapres, bahwa daerah juga harus mengefektifkan lahan tidur. Kami siap mendorong hal itu agar apa yang diharapkan, yakni ketahanan pangan dapat tercapai,” tutur Iyos usai mengikuti acara tersebut dari Gudang Ketahanan Pangan Kostrad, Kampung Neglasari, Desa/Kecamatan Ciemas, Rabu (1/11/23).

Baca Juga :

Iyos menegaskan, mengefektifkan lahan tidur merupakan salah satu program prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sukabumi yang terfokus pada pertanian dan pariwisata.

“Semua stakehlolder harus bersama-sama mendorong pertumbuhan pangan di masing-masing wilayah. Mari kita dorong pertumbuhan pengan di daerah agar ancaman krisis pangan bisa teratasi secara baik,” tandasnya.

Di tempat sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap mengatakan, Gerakan Nasional Ketahanan Pangan merupakan program kolaborasi antara TNI, Kementerian Pertanian, dan Badan Pangan Nasional. Gerakan tersebut digelar secara serentak di 384 titik se-Indonesia.

“Pak Wapres meminta daerah untuk terus mengembangkan potensi pertanian, kemudian segera melakukan pemberdayaan lahan tidur. Sesuai instruksi pimpinan, kami siap berjalan,” ucap Tuty. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button