Kabupaten Sukabumi

Amankan Pilkades Serentak 2023, Dandim : Netralitas TNI, Harga Mati

Sukabuminow.com || Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2023 di Lapangan Makodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Senin (18/9/23). Itu dilakukan sebagai langkah antisipasi kerawanan yang mungkin terjadi di 71 desa yang berada dalam 38 wilayah yang akan menggelar pesta demokrasi.

’’Perlu diketahui, kegiatan Pilkades serentak kali ini harus berjalan aman dan kondusif. Sehingga kita menggelar kesiapan pengamanan dan memastikan setiap personel benar-benar mengerti dan memahami tentang prosedur, tugas, dan tanggung jawabnya masing-masing,’’ terang Komandan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo.

Ari menjelaskan, pihaknya menerjunkan 200 prajurit dalam pengamanan Pilkades serentak 2023. Seluruh prajurit tersebut akan memegang teguh netralitas TNI dan fokus dalam pengamanan.

“Netralitas TNI merupakan upaya yang dilakukan oleh Panglima TNI sebagai bentuk tanggung jawab, agar TNI benar-benar tidak masuk ke dalam ranah politik praktis. Sehingga pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi dapat berjalan dengan sukses, aman, serta lancar,” ujarnya.

Dirinya menegaskan, para prajurit yang terlibat dalam pengamanan dilarang keras mempengaruhi situasi pemilihan, mengarahkan, menunjukkan, atau mengantarkan warga untuk mencoblos pasangan tertentu. Baginya, netralitas TNI adalah harga mati.

“Laksanakan kegiatan dengan penuh semangat, perhatikan faktor keamanan, jaga kesehatan, dan jangan lupa beribadah kepada Allah, Tuhan yang Maha Kuasa. Laporkan setiap perkembangan situasi pada kesempatan pertama, selanjutnya terakhir saya tekankan jaga nama baik satuan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi dalam situasi apapun. Terima kasih kepada seluruh prajurit yang sudah melaksanakan tugas dengan baik,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button