AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPendidikan

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Wabup Sukabumi Sebut Peran Penting FKKS

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) memiliki peran yang sangat vital dalam memajukan dunia pendidikan Kabupaten Sukabumi.

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengatakan, jajaran FKKS wajib memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

“Salah satu tupoksi FKKS adalah memaksimalkan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan mutu pendidikan pada satuan Pendidikan masing-masing. Itu harus betul-betul dipahami,” terang Iyos dalam pembukaan penguatan FKKS yang diinisiasi oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi di Hotel Augusta Cikukulu, Kecamatan Cicantayan, Rabu, (15/9/21).

Tupoksi FKKS, kata Iyos, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 75 tahun 2020, yakni mengarahkan komite sekolah terutama dalam menindak lanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari para peserta didik, orang tua/wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan komite sekolah atas kinerja sekolah.

“Jika itu dipahami dengan baik, maka kami optimis FKKS dapat mendorong terwujudnya misi pertama Pemerintah Kabupaten Sukabumi yakni membangun sumberdaya manusia yang beriman, berbudaya, dan berdaya saing,” bebernya.

Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Dadang Suparman Shiddieq menjelaskan, penguatan FKKS merupakan program Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi 2021. Kegiatan tersebut mengambil tema ‘Peran dan Fungsi Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19’.

“Kehadiran komite Sekolah sangat penting untuk mendukung upaya meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga penilaian penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan langsung oleh masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close