Kabupaten SukabumiKesehatan

Terkait Surat Pemberitahuan Penghentian Dana Kesehatan Gakin 2019, Ini Jawaban RSUD Palabuhanratu

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Belum lama ini, beredar surat dari RSUD Palabuhanratu bernomor 445/2560/TU yang diterbitkan tanggal 9 Desember 2019, perihal pemberitahuan menghentikan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 untuk pasien keluarga miskin (Gakin). Surat tersebut sempat menjadi konsumsi publik dan mendapatkan tanggapan dari Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten, Yudi Suryadikrama.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Palabuhanratu, Saeful Ramdan, Jumat (13/12/19), membenarkan surat tersebut.

“Iya, surat itu dari RSUD Palabuhanratu yang ditujukan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi. Melalui surat itu, kami menginformasikan bahwa dana pelayanan Gakin di RSUD Palabuhanratu sudah habis. Waktu pengklaiman juga terbatas,” tuturnya.

Baca Juga :

Ia menyebut, biaya pelayanan Gakin berasal dari keuangan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Dipersiapkan untuk melayani Gakin yang belum tercover jaminan kesehatan apapun.

“Sebelumnya ada surat edaran dari Pemkab Sukabumi terkait pengajuan standar pelayanan minimal (SPM) sampai 24 Desember 2019. Jadi kami rilis surat itu untuk Dinkes. Sekaligus menginformasikan bahwa pasien Gakin masih ada,” ujarnya.

“Alokasi dana pelayanan kesehatan Gakin selalu ada setiap tahun. Tahun depan juga pasti dialokasikan. Sehingga Gakin yang belum memiliki jaminan kesehatan apapun, masih akan mendapatkan pelayanan kesehatan,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close