AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPertanian

Tentukan Klasifikasi Perkebunan di Kabupaten Sukabumi, Tim Pencacah Siap Tempur

Sukabuminow.com || Seluruh perkebunan besar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai dinilai atau dicacah untuk menentukan klasifikasi terbaru. Proses pencacahan akan digelar pada 3 Juli 2024 hingga 21 Agustus 2024 mendatang.

Subkor Penatausahaan Pertanian Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Usaha Pertanian (PPUP), Gumilar Permana mengatakan, Tim Pencacah Perkebunan Besar Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, telah memulai proses pelaksanaan kunjungan lapangan atau pencacahan untuk 51 Perkebunan Besar (PB).

“51 PB itu terdiri dari 48 PBS (Perkebunan Besar Swasta) dan tiga PTPN,” terangnya.

Adapun kunjungan lapangan tersebut bertujuan untuk melaksanaan sejumlah verifikasi, meliputi dokumen, kondisi kebun dan pemanfaatan areal, keadaan manajemen, hingga potret aspek sosial kemasyarakatan sesuai pedoman indikator penilaian kebun.

“Pelaksanaan pencacahan merupakan salah satu tahapan dalam proses kegiatan penilaian atau reklasifikasi pengelolaan usaha perkebunan besar di Kabupaten Sukabumi tahun 2024,” jelas Gumilar.

Tim pencacah, lanjut Gumilar, akan bertugas secara profesional dan proporsional serta sesuai dengan pedoman dan prosedur teknis.

“Setelah tahap pencacahan selesai, selanjutnya tahapan verifikasi berkas dan penilaian terhadap delapan sub sistem indikator kelas kebun oleh Tim Penilai Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (Denden)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button