AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Sukabumi Mandiri Benih Bukan Sekadar Mimpi

Reporter : Andra

Sukabuminow.com || Sektor pertanian masih menjadi andalan masyarakat di Kabupaten Sukabumi. Atas hal itu, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi terus melakukan inovasi agar sektor pertanian berkembang dan maju.

Sebagai bukti keseriusan, Perangkat Daerah yang dipimpin Sudrajat tersebut, memfasilitasi para penangkar benih dengan perusahaan yang akan menyiapkan kebutuhan benih padi di Kabupaten Sukabumi.

“Di kita ada Asosiasi Penangkar Benih Tanaman Pangan Kabupaten Sukabumi (AKARENTAN). Mereka yang berupaya konsisten menyediakan benih padi untuk mencukupi kebutuhan benih di Kabupaten Sukabumi,” terang Sudrajat usai kegiatan di Kantor UPTD Wilayah I Sukabumi, Baros, Selasa (17/11/20).

“Hari ini, kami memfasilitasi sehingga mereka bisa menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan PT Samudera Surplus. Sehingga tidak ada lagi permasalahan benih padi di Kabupaten Sukabumi Kedepannya,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, kebutuhan benih padi di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2021 diperkirakan mencapai 3.700 ton. Sejauh ini, benih yang biasa digunakan para petani di Kabupaten Sukabumi didatangkan dari luar daerah, baik melalui bantuan pemerintah maupun pasar bebas.

“Target produksi padi setiap tahun terus meningkat. Maka otomatis, kebutuhan benih padi juga akan meningkat,” paparnya.

Di tempat sama, Kepala Seksie Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Yayan, menambahkan, estimasi total kerja sama tersebut sebanyak 400 ton benih berlabel. Jumlah itu setara dengan kurang lebih Rp 4 Miliar.

“Harus diakui, para penangkar benih memiliki ketidakberdayaan dalam hal akses modal. Padahal potensi pengembangan produksi benih padi sangat terbuka lebar di Kabupaten Sukabumi. Kerja sama ini dapat digunakan oleh petani-petani di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2021,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap, kerja sama antara AKARENTAN dengan PT Samudera Surpluss selaku pihak ketiga yang dinilai berkomitmen penuh, dapat meningkatkan produksi benih padi serta meningkatkan pendapatan para penangkar/petani.

“Tujuan utamanya adalah untuk mencapai Sukabumi Mandiri Benih,” pungkasnya.

Editor : Mulya H || E-mail : Redaksi sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close