AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Sekda Kabupaten Sukabumi Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Reporter : Bimbim

Sukabuminow.com || Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 resmi dimulai sejak 15 Februari 2020. Prosesnya terbagi dalam dua cara, yakni online dan wawancara. Berbagai wilayah di Indonesia terus melakukan sosialisasi untuk menyukseskan SP tersebut, tak terkecuali Kabupaten Sukabumi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, mengatakan, SP 2020 secara online berlangsung sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang.

“Masyarakat bisa mengikuti sensus penduduk secara mandiri dengan mengisi data di website sensus.bps.go.id. Hari ini Pemkab Sukabumi dan Badan Pusat Statistik (BPS), menyosialisasikan hal ini kepada Perangkat Daerah, kecamatan, dan desa. Sehingga nanti dapat meneruskan info dan cara-cara SP secara online kepada masyarakat,” terang Iyos usai membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Sukabumi di Hotel Augusta Cikukulu, Selasa (3/3/20).

Iyos menyebut, tak butuh waktu lama untuk mengikuti SP 2020 secara online. Hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja per orang. Dimana masyarakat hanya perlu mengisi data diri yang terdapat dalam laman sensus.bps.go.id.

“Siapkan dokumen seperti Kartu Keluarga, KTP, buku nikah atau dokumen cerai atau surat kematian. Panduannya sudah lengkap di laman itu. Bahkan kalau mau menyimpan terlebih dahulu juga bisa. Di situ ada simpan sementara, tinggal di tekan saja,” jelasnya.

Sementara itu, SP 2020 manual atau dengan cara wawancara langsung juga tetap ada. Iyos menyebut, SP wawancara akan dilakukan oleh petugas sensus kepada warga yang belum melakukan SP secara online dengan langsung turun ke lapangan.

“SP wawancara akan dilakukan pada bulan Juli mendatang. Petugas sensus akan mendatangi masyarakat secara langsung dengan menggunakan ponsel, tablet, atau kuesioner kertas,” ujarnya.

“Semoga SP 2020 berjalan lancar tanpa hambatan. Saya juga meminta peran aktif seluruh kalangan yang paham dengan dunia digital, untuk membantu yang belum paham. Terutama dalam hal pengisian Sensus Penduduk 2020 secara online,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close