Kota SukabumiReligi

Sambut Bulan Suci, MUI dan Baznas Kotsi Siapkan Banyak Program

Sukabuminow.com || Majelis Ulama Indonesia : MUI. Dan Badan Amil Zakat Nasional : Baznas. Kota Sukabumi. Jawa Barat. Menyeru umat Islam. Untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H. Dengan penuh sukacita. Hal itu diungkapkan Sekretaris MUI dan Baznas Kota Sukabumi : M Kusoy. Usai Apel Wihdatulummah. Dalam rangka menjaga kesatuan ummat. Sabtu (4/5/19).

“Setelah Pemilu. Datang bulan suci Ramadhan. Ini jelas berkah. Perbedaan khilafiyah. Perbedaan dalam memilih dan perbedaan lainnya. Mari kita lupakakan. Kita bangun kesatuan untuk mempersatukan ummat,” tuturnya kepada Sukabuminow. Sabtu (4/5/2019).

Tak hanya apel. Dua lembaga itu menandatangani deklarasi. Untuk menjaga kesatuan ummat. Diharapkan ibadah puasa serta rangkaiannya. Dapat berjalan tentram dan damai.

“Kita semua harus bisa melaksanakan ketaatan dan kepatuhan kepada Allah SWT. Dan ketaatan kepatuhan kepada Undang-Undang yang ada,” ungkapnya.

Selain Apel Wihdatulummah. Kedua lembaga Islami tersebut. Akan menggelar Pawai Ta’aruf. Tujuannya : Untuk memberitahu masyarakat. Bahwa ummat Islam. Akan melaksanakan puasa Ramadhan.

“Pemberitahuan kepada masyarakat. Bahwa kita akan melaksanakan shaum. Salat Tarawih. Mengeluarkan zakat fitrah. Dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Dua program di atas bukan yang terakhir. Sebab.asih ada program lainnya : Tafrih Ramadhan. Atau menyenangkan orang lain. Dengan menyantuni 2 ribu fakir miskin. Yang dananya berasal dari para donatur. Disertai pembagian sembako.

“Terakhir perlombaan seni budaya Islam : Ngadulag. Marawis. Pidato. Dan lainnya. Alhamdulillah 5 ribu massa akan terlibat. Dalam rangkaian kegiatan itu,” jelasnya.

Kusoy menegaskan. Pihaknya Alan menindak tegas. Yang kedapatan melanggar peraturan di bulan puasa. Seperti tidak berpuasa.

“Ada Peraturan Wali Kota No 11 Tahun 2013. Rumah makan tidak boleh buka. Di jam-jam pagi dan siang. Kecuali sudah jam 4 sore,” paparnya.

“Untuk non muslim. Silahkan makan minum. Tapi jangan di muka umum. ini untuk menghormati ummat Islam. Hotel. Karaoke. Cafe. Dan tempat hiburan lainnya. Tidak boleh buka selama Ramadhan. Kami akan melakukan operasi. Bersama Polri. TNI. Satpol PP. Ormas Islam. Dan para ulama juga. Akan ikut berkeliling mengamankan,” tutupnya. (Diana NH)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close