AdvertorialKabupaten SukabumiParlemenPemerintahan

Raperda Pertanggung Jawaban APBD Tahun 2019, Berikut Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabsi

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Delapan Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan pandangan umumnya terhadap Raperda Tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2019 dalam Rapat Paripurna di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/7/20).

Dari delapan fraksi tersebut, lima fraksi di antaranya menyampaikannya secara tertulis, yakni Fraksi Partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, PKB, dan PPP. Sementara itu, Fraksi Gerindra, PKS, dan Demokrat, menyampaikan pandangan umum secara garis besarnya di depan Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono.

“Ada keterbatasan waktu memang, karena ini hari Jumat. Jadi, fraksi hanya menyampaikan pandangan umum secara garis besarnya saja. Dan 5 fraksi menyampaikannya secara tertulis,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara.

Adapun garis besar pandangan umum Fraksi Gerindra, yakni mendorong sektor pariwisata agar lebih berkembang dan mengahasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi yang besar.

Sedangkan Fraksi PKS, mengapresiasi upaya Pemkab Sukabumi dalam meningkatkan PAD sebesar 103,49 persen pada tahun 2019. Selain itu, PKS juga mengapresiasi efisiensi anggaran yang dilakukan Pemkab Sukabumi untuk belanja, sehingg defisit anggaran tahun 2019 hanya Rp 18,592 M. PKS juga mendorong kelanjutan program Jaminan Persalinan (Jampersal) untuk menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB).

Sementara itu Fraksi Partai Demokrat, mengapresiasi Pemkab Sukabumi atas raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-6 kalinya secara berturut-turut. Fraksi Demokrat juga memberikan beberapa masukan, antara lain penyusunan laporan keuangan harus sesuai peraturan perundang-undangan, penganggaran belanja pegawai harus dievaluasi lagi, dan menuntut Pemkab Sukabumi untuk lebih banyak berinovasi di sektor pariwisata untuk meningkatkan PAD. Mengingat Kabupaten Sukabumi memiliki Pariwisata dunia yakni Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

Agenda Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi selanjutnya akan digelar pada Senin (13/7/20), dengan agenda Jawaban Bupati Sukabumi atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi tersebut.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close