Kabupaten Sukabumi

Progres Positif TMMD di Sukaluyu, Berikut Perkembangannya

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, mendapatkan arahan dan penyuluhan dari Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi di Gedung SMAN 1 Kalibunder, Selasa (7/7/20).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020 yang digelar Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi di Desa Sukaluyu.

“Ini salah satu bentuk kegiatan non fisik TMMD tahun 2020. Kemarin penyuluhan pertanian, hari ini kita gelar penyuluhan peternakan dengan narasumber dari Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi. Masyarakat sangat antusias,” tutur Perwira Seksie Teritorial (Pasiter) Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Kapten Arm Witono, melalui pesan singkat.

SINERGITAS prajurit dengan masyarakat terlihat dalam pembangunan fisik rabat beton. Foto : Ist

Witono menjelaskan, TMMD di Desa Sukaluyu telah memasuki hari ke-7 setelah resmi dibuka pada 30 Juni 2020 lalu. Menurut jadwal, TMMD akan ditutup pada 29 Juli 2020 mendatang.

“Kami juga terus menggeber sasaran fisik pembangunan rabat beton di Kampung Cigombong sepanjang 650 meter dengan lebar 2 meter. Sejauh ini sudah sampai 51,1 persen,” jelasnya.

PEMBANGUNAN Jembatan Gantung Rahong berjalan sesuai jadwal. Foto : Ist

Selain menggenjot pembangunan rabat beton, personel Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi yang tengah manunggal bersama masyarakat Desa Sukaluyu, juga menggenjot pembangunan Jembatan Gantung Rahong sepanjang 40 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 8 meter.

“Jembatan Rahong ini menghubungkan Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder dengan Desa Sirnamekar, Kecamatan Tegalbuled. Sejauh ini progresnya sudah mencapai 67 persen,” bebernya.

Sasaran TMMD ke-108 tahun 2020 di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, terbagi dalam pembangunan fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik meliputi Pengaspalan jalan desa sepanjang 1,6 kilometer dan lebar 2,5 meter; Pembangunan gorong-gorong sebanyak 7 unit; Pembangunan TPT sepanjang 217 meter, lebar 0,25 meter, dan tinggi 1,8 meter; Pengerasan jalan desa sepanjang 850 meter, lebar 2 meter, dan tebal 0,15 meter;

Selanjutnya Pembangunan rabat beton ruas 1 sepanjang 600 meter, lebar 1 meter, dan tebal 0,08 meter; Pembangunan rabat beton ruas 2 panjang 650 meter, lebar 2 meter, dan tebal 0,08 meter; Pembangunan rabat beton ruas 3 panjang 750, lebar 1 meter, dan tebal 0,01 meter; Pembangunan sarana air bersih sumur bor sebanyak 3 unit; Pembangunan MCK sebanyak 3 unit;

Terkahir Pembangunan Posyandu 1 unit; Pembangunan jembatan gantung sepanjang 40 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 8 meter; Pembangunan bronjong sepanjang 78 meter persegi; dan Rehabilitasi Rutilahu sebanyak 10 unit;

Sedangkan sasaran pembangunan non fisik meliputi Penyuluhan kependidikan; Penyuluhan keagamaan; Penyuluhan kesehatan; Penyuluhan pertanian; Penyuluhan peternakan; Penyuluhan kepemerintahan desa; Penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat; Penyuluhan program KB; Penyuluhan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan; dan Pembinaan Pramuka Saka Wira Sartika;

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close