AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPertanian

Program DMSF YeSS, Saatnya Petani Milenial Unjuk Gigi

Sukabuminow.com || Salah satu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sukabumi tahun 2021-2026 adalah menguatkan sektor pertanian. Hal itu diharapkan dapat lebih memajukan sektor pertanian dan memunculkan banyak petani dari generasi muda atau lebih dikenal dengan petani milenial.

Terbaru saat ini, terdapat sebuah program bernama District Multi Stakeholders Forum (DMSF) Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YeSS) petani milenial yang digagas Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

“Kami sangat, sangat mengapresiasi kehadiran program ini. Garis besar program ini berkeinginan membangkitkan masyarakat dalam bidang pertanian melalui kaum milenial. Ini sangat relevan dan beririsan dengan RPJMD yang dibuat. Dimana titik tumpu RPJMD kami ialah pengembangan agro dan pariwisata berkelanjutan,” terang Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, saat menerima kunjungan Polbangtan Bogor di Aula Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Rabu (3/11/21).

Iyos menegaskan, DMSF YeSS tersebut akan menjadi pemicu pencapaian RPJMD di Kabupaten Sukabumi. Apalagi program tersebut akan berlangsung hingga 2025 mendatang.

“Akan kami berikan perhatian khusus pada program. Sebab program ini menjadi trigger capaian target RPJMD kami. Apalagi ada lebih dari 13 ribu petani milenial yang terlibat dalam program YeSS ini,” ungkapnya.

Ia berharap, sinergitas dan komunikasi terus digalakan. Sehingga program DMSF YeSS terlaksana dengan baik.

“Saya akan turut serta untuk mengawal. Sebab ini trigger dalam RPJMD, khususnya di pertanian dan pariwisata,” terangnya.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Akademik Polbangtan Bogor, Rudi Hartono mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin. Tujuannya untuk membangun komitmen antara pemangku kepentingan.

“Ini yang keempat. Dan selama empat tahun ke depan akan berlangsung juga di Kabupaten Sukabumi. Mohon dukungan dan komitmen bersama,” bebernya.

Program YeSS petani milenial di Kabupaten Sukabumi, kata Rudi, sudah menunjukan beberapa capaian. DI antaranya peningkatan kapasitas pemuda pedesaan di bidang pertanian, pengembangan wirausaha muda pedesaan, hingga membangun lingkungan usaha yang kondusif.

“Empat tahun ke depan lewat kebersamaan kita, semoga bisa menyukseskan program YeSS ini,” harapnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button