Kabupaten SukabumiPendidikan

PPDB Online Dinilai Banyak Kendala

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilakukan secara online di tengah pandemi Covid-19. Hal itu sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Namun, PPDB online dinilai memiliki banyak kendala.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Komisariat Palabuhanratu, Andriyana, mengatakan, wilayah Kabupaten Sukabumi belum semua terjangkau sinyal seluler yang baik. Sehingga jelas, para pelajar yang akan mendaftarkan diri ke sekolah tujuan secara online mengalami kendala.

“PPDB online kurang efektif. Dari mulai sinyal hingga pemahaman pelajar daftar secara online menjadi kendala. Terjadi penurunan siswa baru cukup drastis dibanding tahun lalu. Beberapa sekolah juga mengatakan itu tidak efektif,” tutur Andriyana, Jumat (29/5/20).

Ia menjelaskan, PPDB online dimulai sejak 8 Juni hingga 12 Juni 2020. Itu sesuai petunjuk teknis yang dirilis Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Tanggal 15 verifikasi dari sekolah-sekolah, tanggal 18 Juni itu pengumuman,” bebernya.

Lebih jauh, Andriyana menegaskan, terjadi penurunan siswa baru yang dialami beberapa sekolah. Bahkan, salah satu sekolah yang biasa menerima 160 murid baru, hingga detik ini baru menerima 77 orang pelajar baru.

“Penurunannya sangat drastis dengan PPDB online ini. Kendalanya dari peserta didik dan orang tua yang tidak memiliki ponsel, tidak mengerti cara mendaftar, bahkan sulit sinyal ponsel,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close