AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Peringati Harlah Pancasila, Wabup Sukabumi Bacakan Amanat Ketua BPIP RI

Sukabuminow.com || Pemerintah Republik Indonesia meminta masyarakat memperkokoh bangsa dan bekerja sama membangun ekonomi nasional. Itu merupakan amanat Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, yang dibacakan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri selaku inspektur upacara, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/24).

Usai membacakan amanat tersebut, Iyos juga mengajak masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk selalu memaknai nilai-nilai dasar Pancasila dalam membangun jati diri bangsa.

“Peringatan Harlah Pancasila harus dijadikan momentum untuk menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur,” ujarnya di Lapang Cangehgar Palabuhanratu.

Bangsa Indonesia, katanya, kodratnya adalah keberagaman agama, budaya, dan adat istiadat. Menurutnya, hal itu harus selamanya dijaga dari ancaman yang akan merusaknya.

“Keberagaman etnis, bahasa, adat istiadat, agama, dan golongan pun pasti secara serentak bergerak bersama-sama bersatu untuk membelanya terhadap siapapun yang merongrongnya,” tuturnya dalam peringatan bertema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’ itu.

Iyos menambahkan, ketika Pancasila menjadi kepribadian yang menjadi bagian dari bangsa Indonesia, maka kekuatan bangsa akan menjadi semakin kuat dan mampu menghadapi tantangan ideologi seperti komunisme atau liberalisme yang tidak berakar dalam kehidupan bangsa.

“Selamat memperingati Harlah Pancasila. Mari jadikan Pancasila ini sebagai pedoman dan pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sekaligus menjadikan Pancasila ini sebagai pemersatu bangsa menuju Indonesia maju,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button