AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Patuhi PPKM, ‘Jemput Bola’ Perekaman Adminduk Ditunda

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Rencana Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (UPTD Disdukcapil) Wilayah IV Palabuhanratu melanjutkan program ‘jemput bola’ perekaman data e-KTP terhadap warga di pelosok dipastikan tertunda.

Kepala UPTD Disdukcapil Wilayah IV Palabuhanratu, Endra Mulyana mengatakan, penundaan program tersebut didasari peraturan pemerintah yang tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dimana Kabupaten Sukabumi berada dalam PPKM Level 3.

“Tidak ada kendala dalam kelanjutan program itu. Kita tunda dulu dalam rangka mematuhi peraturan pemerintah soal PPKM,” terang Endra saat ditemui di ruangannya, Rabu (4/8/21).

Ia menjelaskan, permintaan dari berbagai pelosok telah diterima pihaknya. Namun sekali lagi, perpanjangan PPKM memaksa seluruh kegiatan ‘jemput bola’ perekaman data Administrasi Kependudukan (Adminduk) dalam hal ini e-KTP ditunda sementara.

“Untuk blanko dan keperluan logistik Adminduk lainnya tidak ada kendala. Kita sudah ready. Program ini akan dilanjutkan nanti setelah PPKM selesai,” jelas Endra.

Program tersebut didasari oleh masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum memiliki KTP elektronik. Yang lebih miris, jangankan memiliki KTP elektronik, rekam data saja masih banyak masyarakat yang belum melakukannya. Jauh dari kantor kecamatan atau UPTD Kependudukan hingga tidak memiliki waktu akibat kesibukan, menjadi alasan masyarakat belum melakukan rekam data untuk e-KTP.

Sementara itu Kasubag Tata Usaha UPTD Disdukcapil Wilayah IV Palabuhanratu, Dadan Wardana menambahkan, untuk pelayanan di Kantor UPTD Disdukcapil Wilayah IV Palabuhanratu tetap berjalan seperti biasanya. Namun selama PPKM berlangsung, pihaknya membagi pelayanan dalam 2 bagian. Yakni pelayanan offline dan online.

“Jam 8 sampai 12 kami layani masyarakat secara offline yang datang ke kantor. Kemudian dari jam 1 siang sampai 4 sore kita terapkan pelayanan online. Sekaligus menyelesaikan pekerjaan sesuai permohonan masyarakat,” terangnya.

Dadan mengaku, tidak menemukan kendala berarti dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Dirinya juga menginstruksikan seluruh pegawai agar proaktif dalam menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan.

“Sesuai protokol yang berlaku, semua kami jalankan dan tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close