Kabupaten Sukabumi

Pasang Rambu Petunjuk Evakuasi, Kementerian PUPR Peduli Keselamatan Masyarakat

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, memasang rambu petunjuk arah jalur evakuasi tsunami di tiga lokasi di wilayah Palabuhanratu dan Cikakak.

Staf fungsional PUPR, Asep, mengatakan, pemasangan rambu jalur evakuasi tsunami tersebut dipasang di Taman Kota Tenjoresmi, Pasir Honje Cipatuguran, dan Cikakak.

“Semua lokasi mewakili daerah yang berbukit, semuanya berpatokan di wilayah yang banyak penduduk,” ujar Asep, Jumat (6/11/20).

Ia menjelaskan, pemasangan papan rambu petunjuk jalur evakuasi tersebut, bertujuan untuk melengkapi rambu-rambu yang telah dipasang BPBD Kabupaten Sukabumi sebelumnya.

“Ini untuk melengkapi yang sudah ada. Tidak ada hubungan dengan isu-isu tsunami megatrust yang kemarin ramai. Sebelum isu itu muncul, kita sudah konsen pemasangan rambu-rambu ini,” jelasnya.

Sementara itu, petugas BPBD Kabupaten Sukabumi, Kuswan Hermawan, sangat mengapresiasi pemasangan rambu-rambu petunjuk jalur evakuasi yang dilakukan Kementrian PUPR di dua wilayah kecamatan, yakni Cikakak dan Palabuhanratu.

“Ini akan menjadi pilot project untuk pemasangan-pemasangan yang lain. Papan rambu mulai dari warna, ketinggian, kedalaman sudah standar. Semua titik tadi sudah diperhitungkan berdasarkan kajian diatas 20 mdpl,” jelasnya.

“Kelebihan rambu petunjuk yang dipasang PUPR ini, ada penunjuk ketinggian tempat seperti 5 mdpl, 10 mdpl, dan lainnya,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close