Kabupaten SukabumiPertanian

Panen Bawang Merah di Simpenan, Ini Harapan Sekdis Pertanian Kabupaten Sukabumi

Sukabuminow.com || Kelompok tani (Poktan) Cilangkap di Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melakukan panen bawang merah, Kamis (1/2/24). Bawang merah tersebut ditanam pada pertengahan Desember tahun lalu.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Iman Surahman, yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, bawang merah yang dipanen merupakan jenis Bima Brebes. Ia mengaku bersyukur karena hasilnya cukup bagus.

Baca Juga :

“Alhamdulillah hasilnya bagus. 1 ton untuk luas lahan 1000 meter persegi,” ungkap Iman.

Ia menjelaskan, Poktan Cilangkap menanam bawang merah varietas Bima Brebes tersebut di lahan seluas 5 hektare. Sehingga panen masih akan terus dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

“Kita harapkan semua hasilnya bagus dan dapat memenuhi kebutuhan bawang merah di pasar. Semoga ini menjadi salah satu upaya untuk pengendalian inflasi daerah di sektor kebutuhan pokok,” harapnya.

Bawang merah varietas Bima Brebes yang dipanen tersebut ditanam pada pertengahan Desember 2023 lalu. Itu merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI sebagai upaya intensifikasi bawang merah. Selain di Poktan Cilangkap, program tersebut juga diaplikasikan di Poktan Tegallega, Kecamatan Simpenan. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button