AdvertorialEntertainmentKabupaten Sukabumi

Mau Lihat Aneka Bonsai?, Yuk ke Lapang Cangehgar Palabuhanratu!

Sukabuminow.com || Kabupaten Sukabumi menjadi tuan rumah pameran bonsai tingkat nasional. Pameran tersebut digelar di Lapang Cangehgar Palabuhanratu sejak 14 September hingga 24 September 2022 mendatang.

Keindahan ratusan bonsai dari 366 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia memukau mata dan mengundang decak kagum. Termasuk Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, yang mengakui keindahan ratusan bonsai yang dipamerkan tersebut.

“Budidaya bonsai ini harus terus dikembangkan. Selain melestarikan alam, juga memberi nilai ekonomi bagi para pehobinya,” tutur Marwan, saat membuka pameran tersebut, Minggu (18/9/22).

Ia berharap, pameran bonsai tingkat nasional tersebut dapat memotivasi masyarakat dalam membudidayakan tanaman bonsai serta menumbuhkan nilai ekonomi di Kabupaten Sukabumi. Dirinya juga mengapresiasi Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) serta unsur lainnya yang telah menginisiasi pameran tersebut.

“Di tengah kekhawatiran akan punahnya berbagai jenis dan spesies tanaman, keberadaan PPBI sangat membantu menjaga keutuhan hutan dan dapat melestarikan lingkungan,” ungkapnya.

“Melalui pameran bonsai ini kita bisa menikmati keindahan alam di sekeliling kita,” imbuhnya.

Di tempat sama, panitia penyelenggara dari PPBI, Solihin Dzikrullah, terdapat beberapa kategori bonsai yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut. Antara lain kategori madya, pratama, dan prospek.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang telah mendukung pameran bonsai tingkat nasional ini. Pameran semacam ini merupakan cita-cita bagi semua PPBI cabang di seluruh Indonesia” terangnya.

Menurutnya, bonsai merupakan salah satu seni yang tidak pernah selesai dan bisa diwariskan. “Maka semakin tua usia bonsai, semakin tinggi pula nilai ekonominya,” tandasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button