AdvertorialKabupaten SukabumiParlemen

Maknai Hari Lahir Pancasila, Ini Kata Muhammad Sodikin

Sukabuminow.com || Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi antusias menyambut Hari Lahir Pancasila yang kerap diperingati setiap 1 Juni. Hal itu diungkapkan Muhammad Sodikin selaku ketua.

Ia mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara, merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga kelahirannya memiliki makna yang sangat besar.

“Tentu saja kelahirannya sangat bermakna. Apalagi terlahir atas kesepahaman semua pendiri bangsa dan sudah final menjadi falsafah hidup bangsa dan negara,” tutur,” tutur Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sukabumi itu, Rabu (1/6/22).

Pancasila, kata Sodikin, merupakan pilar ideologis Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurutnya, meski terjadi perubahan isi dan urutan lima sila dalam Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, namun lahirnya Pancasila membuat bangsa Indonesia semakin kuat dan kokoh.

“Kami (DPD PKS dan DPRD Kabupaten Sukabumi) mengajak masyarakat untuk bersama-sama kembali mempelajari Pancasila dan lima sila yang terkandung di dalamnya. Di samping memperingati, hal yang sangat penting juga adalah menghayati dan mengamalkan ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial,” ujarnya.

Sodikin menjelaskan, Pancasila terdiri dari dua kata bahasa Sansekerta, yakni ‘Panca’ yang berarti lima, dan ‘Sila’ berarti prinsip atau asas. Untuk menjaga keutuhannya, Sodikin menegaskan, DPRD Kabupaten Sukabumi meminta seluruh lembaga pendidikan agar senantiasa mengajarkan lebih jauh terkait Pancasila kepada para pelajar.

“Sosialisasi ideologi Pancasila perlu dilakukan di setiap tingkatan sekolah. Sehingga penghayatannya bisa lebih kuat lagi untuk kemudian melahirkan perbuatan yang sesuai dengan sikap dan karakter ideologi Pancasila itu sendiri,” jelasnya.

“Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga Indonesia semakin kuat dan kokoh dengan bersama-sama kembali kepada Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa,” pungkasnya. (Ceppy ST)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button