AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Lulusan Madrasah Aliyah, Pemuda Cisaat Mampu Ciptakan Mesin Teknologi Sedang

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Satu lagi karya anak muda Kabupaten Sukabumi yang lantas dibanggakan. Adalah Mesin CNC Router dan Mesin Bubut yang merupakan hasil kreativitas Muhammad Ihsan Muhtarom, pemuda 21 tahun warga Kampung Cimenteng, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat.

Ihsan merupakan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Hobi Mesin Rakitan (HRM) di Desa Padaasih. Dirinya berhasil menciptakan mesin yang memiliki kegunaan mengravir atau engraving. Sehingga dengan alat tersebut, mendekorasi kayu dapat dilakukan sedemikian rupa dan menjadi terlihat lebih bagus dan juga terkesan lebih unik.

MESIN ciptaan Ihsan telah merambah ke luar Pulau Jawa. Foto : Sukabuminow

“Kegunaan lain mesin ini adalah marking atau memberi marka. Maksudnya memberikan tanda-tanda pada kayu yang akan digunakan tersebut. Sehingga sentuhan finishing akan sesuai dan rapi,” ungkap Ihsan, Jumat (5/3/21).

Kreativitas Ihsan dalam menciptakan mesin teknologi sedang tersebut, sampai juga ke pihak Dinas Perindustrian Dan ESDM Kabupaten Sukabumi. Bahkan Ujang Zulkifli, selaku Kepala Bidang Non Agro, telah mengunjungi Ihsan, Kamis (4/3/21) kemarin.

“Tentu kami bangga karena ada putera Sukabumi yang mampu merakit atau menciptakan beberapa alat berteknologi sedang. Jelas, ini sangat membantu produksi para IKM lainnya,” tutur Ujang Zul, Jumat (5/3/21).

Ujang Zul mengatakan, Ihsan sudah mendalami produksi mesin tersebut sejak 2 tahun yang lalu. Dan ternyata, ayahnya Ihsan merupakan binaan DPESDM. Sehingga ilmu ayahnya menurun kepada Ihsan dengan inovasi yang lebih canggih.

“Pemasarannya sudah sampai ke luar Jawa. Harganya tadi sekitar Rp 4 jutaan. Per bulan mampu memproduksi 2 hingga 3 unit mesin. Malah sebelum pandemi, Ihsan bisa membuat 6 unit per bulannya,” bebernya.

Yang lebih mencengangkan, Ihsan hanyalah lulusan Madrasah Aliyah. Bermodal ilmu yang diturunkan langsung dari sang ayah ditambah dengan inovasinya sendiri, pemuda tersebut mampu sampai ke tahap sekarang ini.

“Kami akan memfasilitasi bantuan untuk pengajuan Paten Hak atas Kekayaaan Intelektual (HaKI). Serta membantu dari sisi pengelolaan manajerialnya. Kami juga akan mendorong Ihsan agar dapat disekolahkan ke luar negeri. Biasanya suka ada program dari kementerian bagi pelaku IKM yang mempunyai potensi,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close