Kabupaten SukabumiPertanian

Kunjungi Sukabumi, Dansatgas Hanpangan TNI AD Pastikan Bantuan Alsintan Tepat Sasaran

Sukabuminow.com || Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Mayjen TNI A. Rizal Ramdhani, mengunjungi kelompok tani penerima manfaat bantuan program percepatan Perluasan Area Tanam (PAT) melalui pompanisasi. Bantuan berupa mesin pompa air dan traktor roda dua tersebut berasal dari anggaran Kementerian Pertanian RI.

Komandan Satuan Tugas Ketahanan Pangan (Dansatgas Hanpangan) TNI AD itu terpantau mengunjungi poktan penerima manfaat di dua lokasi, yakni di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, dan Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Rabu (29/5/24). Tampak hadir mendampingi Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo, dan jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi.

“Syukur Alhamdulillah kita lihat bersama di sini bahwa traktor dan pompa sudah sampai ditangan poktan dan sudah dioperasionalkan dalam keadaan baik,” ungkapnya.

Ia berharap, alat dan mesin pertanian (alsintan) yang telah disalurkan tersebut dapat benar-benar membantu para petani dalam memaksimalkan hasil produk pertanian. Adapun bantuan terhadap para poktan dan gapoktan tersebut di antaranya mesin pompa air dan traktor roda dua. Tercatat 78 poktan dan gapoktan di Kabupaten Sukabumi yang menerima bantuan mesin pompa air. Sedangkan traktor roda dua disalurkan kepada 45 poktan gapoktan ditambah dua atensi dari Kementan dan satu sebagai hadiah kepada Babinsa Cicantayan.

“Di Tegallega Desa Loji Kecamatan Simpenan saya dengar per hektar kalau bagus panennya bisa 8-9 ton. Ini luar biasa, saya juga mendengar ada tanam bawang satu hektar hampir mencapai 10 ton, ini juga luar biasa,” jelasnya.

“Saya berharap betul dengan hadirnya bantuan ini, yang tadinya para petani hanya dua kali tanam dalam setahun bisa tiga kali tanam dan tiga kali panen, sisanya bisa tanam bawang,” imbuhnya.

Rizal menegaskan, jika produksi pertanian meningkat maka bisa dipastikan kesejahteran para petani akan meningkat. Ia mengucapkan terima kasih kepada para Babinsa hang telah melaksanakan pendampingan dan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para petani.

“Mulai dari masalah pupuk, bibit, air, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan sinergitas antara TNI dengan petani semakin meningkat, sehingga adanya kebersamaan menjadi suatu kekuatan yang tangguh untuk bangsa dan negara kita,” sambungnya.

Sementara itu Ketua Poktan Desa Lpji, Ana, mengaku bersyukur mendapat bantuan alsintan tersebut. Hal itu, kata Ana, sangat membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian. Serta membangkitkan semangat dalam mengolah tanah persawahan yang selama ini tadah hujan.

“Alhamdulillah terbantu. Harapannya pertanian di Tegallega Desa loji semakin meningkat. Terima kasih Pak Presiden, Pak Menteri Pertanian, Pak KASAD, dan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, yang telah memberikan bantuan traktor dan mesin pompa air. Mudah-mudahan bantuan ini dapat meningkatkan hasil pertanian kami,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button