Kabupaten SukabumiPemilu 2024

KPPS se-Kecamatan Kalibunder Dilantik, Camat : Selamat Bertugas!

Sukabuminow.com || Ratusan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dilantik, Kamis (25/1/24). Pelantikan digelar serentak di tujuh desa se-Kecamatan Kalibunder.

Camat Kalibunder, Deni Yudono mengatakan, sebanyak 651 orang KPPS dilantik. Jumlah itu akan bertugas di 93 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di tujuh desa se-Kecamatan Kalibunder. Masing-masing TPS akan diisi oleh tujuh orang KPPS.

Baca Juga :

“Nanti dalam pelaksanaanya, mereka akan mendapatkan bantuan dari unsur pengamanan, di antaranya Satlinmas, Satpol PP, TNI dan Polri. Mereka akan mulai bertugas hari ini hingga 25 Februari mendatang. Jadi hanya satu bulan,” terangnya usai menghadiri Pelantikan KPPS Desa Kalibunder di SDN 1 Kalibunder.

Deni menjelaskan, Kecamatan Kalibunder memiliki 93 TPS yang tersebar di tujuh desa. Di antaranya 18 TPS di Desa. Kalibunder, 12 di Bojong, 13 di Balekambang, 12 di Sukaluyu, 13 di Sekarsari, 16 di Cimahpar, dan sembilan di Mekarwangi.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada KPPS yang baru saja dilantik. Semoga mampu menjalankan tugas sebaik mungkin untuk masa depan Indonesia lebih maju,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sukabuminow.com, KPPS harus memastikan perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara serta dukungan perlengkapan lainnya sudah harus diterima dari PPS paling lambat satu hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Jumlah dan jenis perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan daftar dalam tanda terima dari PPS.

Sementara tugas, wewenang, dan kewajiban KPPS tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 30 ayat (1) dan (3). KPPS sendiri merupakan kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melaksanakan pemungutan suara di TPS. (**)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button