Kabupaten SukabumiPemerintahan

Kabupaten Sukabumi Miliki Duta Baca 2024, Ini Juaranya

Sukabuminow.com || Dinas Arsip Dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Lomba Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi di tahun 2024 ini. Total 64 orang peserta dari 27 kecamatan mengikuti masa prakarantina yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) mulai 3 hingga 5 Juni 2024. Selanjutnya karantina di Hotel Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi pada 6 dan 7 Juni 2024.

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi, Aisah mengatakan, lomba pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024 ini merupakan salah satu ikhtiar Diarpus dalam meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di masyarakat.

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, bahwa perpustakaan harus bersinergi dengan berbagai pihak dalam pembudayaan kegemaran membaca. Salah satunya adalah dengan para Duta Baca” tuturnya, Senin (10/6/24).

Sementara itu Kepala Bidang Perpustakaan, Yana Chefiana menambahkan, para peserta menerima berbagai materi, wawasan, dan pengetahuan dalam berbagai hal. Seperti penyusunan karya tulis ilmiah, mendongeng, personal branding, dan pembuatan konten yang menarik. Selain itu, mereka juga mengikuti berbagai tahapan penilaian dari para dewan juri, mulai dari presentasi, wawancara, serta unjuk kabisa.

“Kami berharap Duta Baca menjadi perpanjangan tangan Diarpus dan menjadi agent of change dalam mengampanyekan dan menyosialisasikan pentingnya pembudayaan kegemaran membaca, baik di keluarga, sekolah, perguruan tinggi, maupun di desa/kecamatan masing-masing,” terangnya.

Berikut juara Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024.

Juara 1 Putera : M. Faisal (Kecamatan Sukaraja)
Juara 1 Puteri : Annisa Siti Farikha Ramlan (Kecamatan Cisolok)

Juara 2 Putera : Kitman Arianto (Kecamatan Cibadak)
Juara 2 Puteri : Mira Nurmaulidya (Kecamatan Gunungguruh)

Juara 3 Putera : M. Ariel Nurfadli (Kecamatan Cikakak)
Juara 3 Puteri : Sabrina Nuralisa (Kecamatan Cibadak)

Juara Harapan 1 Putera : Muhammad Maliq (Kecamatan Gunungguruh)
Juara Harapan 1 Puteri : Harindi Hasnawa (Kecamatan Cikembar)

Juara Harapan 2 Putera : Muhammad Dani (Kecamatan Nyalindung)
Juara Harapan 2 Puteri : Tazkia Mutmainnah (Kecamatan Ciracap)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, para juara mendapatkan hadiah berupa uang, sertifikat, selempang, dan berbagai doorprize menarik dari sponsor, di antaranya Universitas Muhammadiyah Sukabumi, PT. Siam Cement Group (SCG), Primaya Hospital, PT. Erlangga, Pegadaian Syariah, Bank Muamalat, PT. Yakult Indonesia Persada, PT. Indolakto, PT. Aqua, PT. Amerta Indah Otsuka, serta Gramedia.

Selain itu ada beasiswa kuliah di kelas internasional Universitas Nusa Putra yang diberikan kepada tiga orang terbaik dari tingkat SMA, yaitu M. Faisal, M. Ariel, dan Nazwa Yulistia.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada panitia internal Diarpus maupun Paguyuban Duta Baca, serta kepada seluruh sponsor yang telah mendukung dan berkolaborasi dengan Diarpus. Sehingga kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 berjalan dengan baik dan sukses,” pungkas Yana. (Denden)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button