AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Jauhkan Anak dari Ponsel, Diarpus Rilis TANDEM BAPER

Sukabuminow.com || Tak dipungkiri, dewasa ini ponsel begitu menjadi primadona di kalangan anak-anak. Bahkan banyak orang tua yang tidak mampu meredam keinginan anaknya untuk bergelut dengan ponsel dan memicu kekhawatiran akan ketergantungan.

Melihat fenomena itu, Dinas Arsip Dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi kembali merilis inovasi untuk membantu anak terlepas dari kecanduan ponsel. Terlebih saat ini memasuki musim liburan, dimana anak akan meminta jatah lebih bermain ponsel kepada orang tuanya.

“Selama musim liburan, perpustakaan akan menyelenggarakan TANDEM BAPER atau Tinggalkan Android Dalam Empat Jam Bersama Perpustakaan,” terang Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi, Eman, melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Yana Chefiana, Rabu (28/6/23).

Yana mengatakan, TANDEM BAPER mengajak anak usia PAUD hingga kelas VI SD untuk mengisi liburan dengan berbagai kegiatan positif sehingga anak dapat ‘menjaga jarak’ dengan ponsel.

“Anak-anak akan diajak untuk mengisi liburan mulai dari belajar membaca, less komputer, bahasa Inggris, mendengarkan cerita, hastakarya origami, belajar permainan tradisional, hingga wisata ke lokasi peternakan kambing perah,” terang Yana.

TANDEM BAPER, kata Yana, akan diselenggarakan dalam empat gelombang pada bulan Juli 2023. Yakni tanggal 3 hingga 5, 6 hingga 8, 10 hingga 12, dan 13 hingga 15.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan gairah berkunjung ke pepustakaan pasca wabah Covid-19. TANDEM BAPER juga merupakan upaya Diarpus mengurangi penggunaan android yang marak terjadi di kalangan anak-anak di Kota dan Kabupaten Sukabumi, melalui berbagai kegiatan yang lebih produktif dan penuh aktivitas,” ungkapnya.

Selain itu, Diarpus Kabupaten Sukabumi juga mengemban misi untuk melakukan pelestarian budaya melalui pendalaman permainan tradisional. Hal itu diharapkan menjadi upaya pelebaran budaya bangsa. Tak hanya itu, pengembangan ekonomi masyarakat di sekitar lingkungan Diarpus Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat menjadi target berikutnya.

“Peserta TANDEM BAPER akan diajak berwisata di dekat lokasi perpustakaan. Harapannya bisa mengungkit ekonomi masyarakat. In Syaa Allah, program ini akan membantu anak agar tidak terlalu akrab dengan ponsel,” pungkasnya. (Ceppy ST)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button