Kabupaten SukabumiPeristiwa

Hujan Deras, Sungai di Perbatasan Jabar-Banten Meluap

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Sungai Cibareno yang menjadi pembatas Provinsi Jawa Barat dan Banten meluap setelah hujan deras mengguyur. Jumat (6/12/19) malam.

Hal itu membuat warga yang tinggal di bantaran sungai, tepatnya di Kampung Bantar Kalapa, Desa Cibareno, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak berhamburan keluar rumah. Mereka panik dan takut luapan air semakin membesar.

“Dulu tahun 1965 dan 1995, air Sungai Cibareno sempat meluap dan merendam permukiman. Kami takut itu terulang,” tutur Usep (59 th), warga Kampung Bantar Kalapa.

Baca Juga :

Beruntung, kekhawatiran Usep dan warga lainnya tak terjadi. Pasalnya, di lokasi tersebut terdapat tanggul pembatas. Sehingga air tidak sampai ke permukiman. Namun, air merendam sawah yang diperkirakan mencapai luas 1 hektare.

“Sawah terendam. Ada sekitar 3 kwintal padi milik warga yang sudah dimasukkan ke dalam karung, hanyut terbawa air,” jelasnya.

Hingga berita ini dimuat, volume air Sungai Cibareno masih tinggi. Warga masih bersiaga. Sebab khawatir hujan deras kembali terjadi dan air sungai kembali meluap.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close