Kabupaten SukabumiSeni Dan Budaya

Hari Syukuran Nelayan Diperingati Mei, Dinilai KEN

Sukabuminow.com || Peringatan Hari Syukuran Nelayan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, biasa digelar setiap tanggal 6 April. Namun tahun ini, peringatan tersebut akan digeser ke tanggal 21 Mei 2023, lantaran bukan April telah memasuki bulan suci Ramadhan.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Sukabumi, Dede Ola mengatakan, pada 6 April, panitia tetap akan melaksanakan rangkaian kegiatan, yakni istighosah.

“Perubahan waktu pelaksanaan ini sudah mendapat persetujuan para tokoh nelayan dan pemerintah daerah,” terangnya, Sabtu (21/1/23).

Lebih jauh Dede Ola mengatakan, dirinya memiliki usul peringatan Hari Syukuran Nelayan di Kabupaten Sukabumi diperingati secara serentak pada 21 Mei setiap tahunnya.

“Mudah-mudahan usulan ini mendapat respons dari KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), termasuk Pemprov Jabar, dan Pemkab Sukabumi,” harapnya.

Dirinya juga menekankan kepada panitia penyelenggara Hari Syukuran Nelayan agar memiliki inovasi di setiap penyelenggaraan sehingga tidak terkesan monoton.

“Tujuannya untuk mengundang pengunjung dari luar daerah yang ingin melihat momen sakral ini,” jelasnya.

Di tempat sama, Ketua panitia, Sep Radi Priadika mengatakan, Hari Syukuran Nelayan Ke-63 akan masuk dalam penilaian event nasional untuk kategori Kharisma Event Nusantara (KEN) bersama Seren Taun Kasepuhan Ciptagelar (sekarang Kasepuhan Gelar Alam). Pasalnya, kedua event sakral itu merupakan tradisi turun temurun yang tidak dapat dipisahkan dengan kearifan lokal suatu daerah.

“Saya mendapat informasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi soal itu. Sekarang masih tahap verifikasi. In Syaa Allah, akhir Januari ini akan ada pengumuman nominasi. KKP, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah memberikan respons positif,” bebernya.

Sekretaris DPC HNSI Kabupaten Sukabumi itu menegaskan, untuk Hari Syukuran Nelayan tahun ini, dirinya bersama jajaran panitia telah menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan DPRD Kabupaten Sukabumi agar mendapat dukungan penuh dalam pelaksanaannya.

“Kami akan gelar serangkaian perlombaan. Ada yang baru nantinya, yaitu karnaval cosplay (custom and play) biota laut. Pesertanya itu masyarakat di lingkungan ke-RW-an di Kecamatan Palabuhanratu,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button