Pertanian

Harapan Dinas Pertanian Pada Teknologi LIPI

Sukabuminow.com II Dedah Herlina, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengaku bersyukur dengan nota kesepahamana (MoU) dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terkait pascaproduksi hasil pertanian telah terjalin.

“Bagi kami, ini jelas gayung bersambut. Saat kami membutuhkan teknologi untuk budidaya, pengolahan, dan pascaproduksi pertanian, LIPI datang membawanya,” ungkap Dedah usai Diseminiasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi LIPI, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Senin (19/11/18).

Ia menerangkan, masalah yang muncul dari masih kurangnya miat konsumen terhadap hasil pertanian Kabupaten Sukabumi adalah masih minimnya variasi olahan dan kurang menariknya kemasan. Meski sejauh ini pihaknya telah berupaya mengolah dan mengemas serta memasarkannya dibawah kendali Bidang Perkebunan.

Baca Juga :

“Contoh mangga atau rambutan, sejauh ini hanya dijual apa adanya. Tapi coba kalau dikemas dengan menggunakan kemasan bagus salah satunya kaleng, tentu akan lebih meningkatkan nilai jual. Ini akan kami tindaklanjuti karena sudah menjadi program kami dan memang sudah berjalan di Bidang Perkebunan,” bebernya.

Dedah memastikan, pihaknya akan berlari menjalankan program tersebut. Terlebih, MoU dengan LIPI akan di evaluasi setiap tiga tahun. Selain itu, anggaran untuk program itu sudah disiapkan.

“Kami akan jadikan produk olahan pertanian dengan kemasan menarik ini sebagai penyambut pengunjung ke geopark. Hasil pertanian Kabupaten Sukabumi harus menjadi buah tangan bagi mereka,” tandasnya. (Asdut)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close