Pertanian

Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemkab Sukabumi Gandeng LIPI

Sukabuminow.com || Senin (19/11/18), Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dipadati oleh peserta Diseminasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Iyos Somantri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut setelah adanya nota kesepahaman (MoU) antara Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dan LIPI untuk pengembangan dan pengolahan berbagai jenis hasil pertanian.

“Kami ingin adanya peningkatan kualitas hasil pertanian di Kabupaten Sukabumi. Terutama soal pengolahan dan pengemasan hingga proses penjualan sehingga memiliki nilai jual yang lebih,” tutur Iyos, usai membuka Diseminasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi LIPI di Aula Dinas Pertanian, Senin (19/11/18).

Baca Juga  :

Puluhan peserta dari BP3K (Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan), kepala desa, Muspika, dan kelompok tani binaan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi diberikan dua materi dalam diseminasi.

“Dua materi yang kami ekspos yakni teknologi pembuatan pupuk organik hayati cair dan teknologi pembuatan produk olahan dari buah-buahan,” timpal Mego Pinandito, Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Bogor.

Ia menjelaskan, LIPI telah empat tahun menggelar kegiatan tersebut. Dimana selalu ada pengembangan dalam setiap tahunnya.

“MoU dengan Dinas Pertanian akan kami evaluasi setiap tiga tahun. Kami juga membuka pintu MoU dengan dinas lainnya untuk sama-sama memajukan hasil olahan atau kerajinan yang dimilikinya,” tutupnya. (Dena)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close