AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Gerakan Tanam Kacang Tanah di Sukabumi, Denis Eriska : Sektor Pertanian Kebal Serangan Pandemi

Reporter : Asdut

Sukabuminow.com || Potensi pertanian kacang tanah di Kabupaten Sukabumi dinilai cukup bagus. Atas dasar itu, percepatan pencapaian produksi kacang tanah terus digenjot.

Terbaru, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bahu membahu dengan Kementerian Pertanian RI, dan Dinas Tanaman Dan Hortikultura Jawa Barat, melakukan ‘Gerakan Tanam Kacang Tanah’ di Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Kamis (28/10/21).

“Tadi kita lakukan Gerakan Tanam Kacang Tanah di lahan yang dikelola oleh kelompok tani Harapan Bangsa di Pabuaran. Luas lahannya mencapai 40 hektare,” terang Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska kepada Sukabuminow.com.

Denis menjelaskan, hingga Oktober 2021, realisasi tanam kacang tanah di Kabupaten Sukabumi mencapai 2.492 hektare yang tersebar di berbagai kecamatan.

“Kecamatan Jampangtengah menjadi tempat tanam kacang tanah terluas, yakni 803 hektare,” bebernya.

Lebih jauh Denis mengatakan, sektor pertanian terbukti nyata mampu bertahan selama masa pandemi Covid-19. Sehingga pemerintah sepakat untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian tak terkecuali kacang tanah.

“Peningkatan bisa dilakukan melalui kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Salah satunya memastikan ketersediaan bibit unggul dan adanya off taker yang bisa menjamin nilai jual produksi petani sehingga kesejahteraan petani dapat ditingkatkan,” ungkap mantan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi itu.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button