Kabupaten SukabumiPendidikan

Gegara Corona, Kelulusan Sekolah Diumumkan Secara Online

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah 1 Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, melaksanakan kelulusan. Berbeda dari biasanya, kelulusan tahun ini berlangsung hening.

“Kelulusan dilakukan secara online. Tidak ada acara seremonial ataupun perayaan yang dilakukan siswa dan orang tuanya. Tidak ada acara sungkeman kepada dewan guru seperti tahun-tahun sebelumnya saat kelulusan dilaksanakan,” ungkap Ketua Komisariat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) wilayah 1 Palabuhanratu, Andriyana, Sabtu (2/5/20).

Ia menjelaskan, proses kelulusan diumumkan melalui website yang telah disiapkan oleh setiap sekolah. Bahkan ada juga yang melalui pesan WhatsApp serta Email para siswa ataupun orang tua siswa. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kelulusan ini seharusnya diumumkan tanggal 4 Mei. Tapi kemarin ada ralat sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud juga dari Dinas Pendidikan Provinsi, bahwa kelulusan untuk SMA, SMK, dan SMALB, dilaksanakan pada hari ini secara serentak,” jelasnya.

Untuk penilaian kelulusan, pihak sekolah mengambil nilai dari hasil ujian sekolah dan portofolio, karena Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditiadakan.

“Hanya ada ujian sekolah. Sehingga nilai kelulusan itu diambil dari nilai ujian sekolah dan juga portofolio,” terangnya.

“Di Palabuhanratu ada sekitar 1.750 siswa yang mengikuti ujian pada tahun ini dari 27 SMK swasta yang mencakup Komisariat Palabuhanratu. Dari jumlah itu, ada 3 orang pelajar dari 2 sekolah yang dinyatakan tidak lulus,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close