AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Eliminasi Malaria Kabupaten Sukabumi Dinilai Memuaskan, Ini Kata Wabup Sukabumi

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Skor eliminasi penyakit malaria di Kabupaten Sukabumi masuk dalam kategori memuaskan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Lucya Agung Susilawati, dalam audiensi dengan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Kamis (23/9/21).

“Dalam assessment kali ini, kita akan berkunjung ke rumah sakit dan Puskesmas. Semoga pelaksanaan di lapangan mendapatkan hasil yang baik. Sehingga Kabupaten Sukabumi bisa mendapatkan sertifikat eliminasi malaria,” ujarnya.

Lucya mengatakan, selain Kabupaten Sukabumi, assesmen terhadap eliminasi malaria juga dilakukan di Kabupaten Pangandaran.

“Ini merupakan langkah untuk mempercepat target Jawa Barat eliminasi malaria di tahun 2023,” jelasnya.

“Setelah mendapatkan predikat eliminasi malaria, Pemerintah Kabupaten Sukabumi harus membuat surveilan agar tidak terjadi lagi kasus malaria. Apalagi Kabupaten Sukabumi daerahnya ada gunung dan laut yang berpotensi tumbuhnya nyamuk malaria. Sehingga perlu dukungan pemda untuk mencegah terjadinya kembali malaria,” timpal Koordinator Substansi Malaria Kemenkes RI Guntur Argana.

Di tempat sama, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, mengaku bersyukur mendapatkan informasi yang membahagiakan dan terbilang memuaskan.

“Ini kabar menggembirakan. Untuk lebih meyakinkan, silahkan kroscek ke lapangan. Sehingga hasil yang didapat di lapangan benar-benar clear,” bebernya.

“Kami siap menindaklanjuti arahan apabila mendapatkan predikat eliminasi malaria menjaga agar kasus malaria tidak muncul kembali,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close