Kabupaten Sukabumi

Eksplorasi Panas Bumi Cikakak, MPLS Gelar Aksi Lanjutan

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Proyek eksplorasi panas bumi di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, masih terus menuai kontra dari Forum Mahasiswa Peduli Lingkungan Sukabumi (MPLS).

Terbaru, para mahasiswa tersebut meminta Pemkab Sukabumi untuk mempertimbangkan dan menghentikan sementara proyek itu. Seruan mereka diungkapkan dalam orasi di depan Gedung Negara Pendopo Palabuhanratu, Kamis (23/9/21).

“Kami meminta proyek itu dihentikan sementara karena tidak sesuai dengan Perda Nomor 22 tahun 2012,” tutur Koordinator Forum MPLS, Faiz Abdul Muhaimin, usai aksi.

Dalam orasinya, MPLS meminta Bupati Sukabumi untuk lebih selektif dalam merilis kebijakan serta meninjau urgensi eksplorasi panas bumi serta pembangunan pembangkit listrik di Cikakak.

“Kami juga meminta agar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang tidak sampai dijadikan alat komersialisasi dan memperkaya diri. Apalagi sampai hari ini, Perda baru itu belum disahkan,” ujarnya.

“Kami minta Pemda untuk mengusut tuntas dugaan penghamburan anggaran di Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang serta Bappeda,” imbuhnya.

Faiz berharap, Pemkab Sukabumi belajar dari eksplorasi panas bumi di Sukarame, Cisolok. Kegiatannya ditinggalkan begitu saja setelah potensi panas bumi tidak ditemukan.

“Kami akan kembali melakukan aksi lanjutan, karena tujuan kita adalah Bupati. Tadi ada pejabat lain yang ingin menemui kami, tapi kami balik kanan karena hanya ingin bertemu pak Bupati,” bebernya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close