AdvertorialKabupaten Sukabumi

Dua Fasilitas Publik di Palabuhanratu Direhab

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Tugu Jangilus yang terletak di pertigaan Batusapi Palabuhanratu tengah direhab oleh Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi.

Kepala Seksi Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, Dedi Hidayat mengatakan, rehab Tugu Jangilus tersebut merupakan perencanaan tahun 2020 dan telah diprogramkan sebelumnya.

“Itu hanya rehab bukan bangun ulang. Nanti akan kita buatkan air mancur di situ,” terang Dedi melalui saluran telepon, Kamis (12/8/21).

Ia menjelaskan, rencana awal akan ada 12 air mancur. Tapi ternyata berdasarkan data topografi yang ada, terdapat kemiringan di lokasi tersebut. Sehingga jumlah air mancur akan dikurangi.

“Dikurangi hanya akan menjadi 8 atau 10 air mancur saja. Untuk Tugu Jangilus sendiri tidak akan dipugar. Hanya akan dicat ulang saja,” jelasnya.

ALUN Alun Palabuhanratu tengah direhab. Foto : Sukabuminow

Rehab tak hanya dilakukan pada Tugu Jangilus, namun juga di Alun Alun Palabuhanratu. Dalam perjalanannya, rehab tersebut sempat disoal oleh pegiat media sosial fesbuk dengan nama akun Hamzah Fansuri.

Dalam postingannya, Hamzah mempertanyakan rehab Alun Alun Palabuhanratu di tengah pandemi Covid-19. Ia menilai, hal itu hanya mengahambur-hamburkan uang. Sebab menurutnya, sebagian besar fasilitasnya masih bagus.

“Rehab Alun Alun Palabuhanratu juga sudah diprogramkan sebelumnya. Banyak bagian yang akan direhab karena memang sudah waktunya,” bebernya.

Rehab yang dilakukan meliputi podium, pedestrian, saluran air, serta pembuatan resapan di bagian tengah lapangan.

“Podium akan kita ganti dengan atap Sunda. Di tengah lapang dibuat resapan air, dan depan pedestrian diganti dengan batu andesit. Supaya saat hujan tidak licin,” terangnya.

“Semoga ke depan, Alun Alun Palabuhanratu lebih asri dengan hasil rehab ini,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close