Kabupaten SukabumiKota Sukabumi

Dorong TKI Sukabumi Bekerja di Sektor Formal, Ini Yang Dilakukan Dewi Asmara

Sukabuminow.com || Salah satu Srikandi asal Sukabumi yang duduk sebagai Legislator Pusat, Dewi Asmara, terus fokus dalam program peningkatan sumber daya manusia di Sukabumi.

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar itu memberikan pembekalan keterampilan kerja kepada warga Sukabumi yang berniat bekerja di luar negeri sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

“Saya membawa program kail bukan ikan. Saya berikan kailnya, berikan pemahaman melalui pemberdayaan, dan mereka akan mencari sendiri ikannya dengan memakai ilmu yang telah diberikan melalui pemberdayaan,” tutur Dewi dalam sebuah perumpamaan.

Kepada Sukabuminow, Senin (17/12/18), wanita yang kembali mencalonkan diri dalam Pileg 2019 dengan nomor urut 1 itu, mengatakan tak hanya turun langsung melakukan pembinaan. Namun juga mendorong agar pemerintah daerah dan pusat gencar melakukan berbagai terobosan program peningkatan sumber daya manusia. Sehingga nantinya, para TKI mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lainnya sesuai kemampuan di bidangnya.

“Hari ini para TKI asal Indonesia masih mendominasi sektor informal, seperti asisten rumah tangga dan karyawan bangunan. Saya ingin di masa depan mereka juga memiliki kemampuan di sektor kerja formal, seperti pabrikan bengkel otomotif dan sektor formal lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :

Dewi menegaskan, program peningkatan skill kepada para calon TKI telah dirasakan oleh para TKI yang telah bekerja di negeri orang.

“Kami juga perhatikan hak-hak mereka terutama soal perlindungan di tempat mereka bekerja. Kami terus berkoordinasi dengan BNP2TKI (Badan Nasional  Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI untuk hal itu,” paparnya.

“Para TKI itu pahlawan negara dalam devisa. Hak-haknya selama kerja di luar negeri harus terus dilindungi,” tambahnya. (Adv)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com || Marketing : 085219906182 / 081646949947

Tags

Related Articles

Close
Close