Kabupaten Sukabumi

Dinas Perkimsih Angkut Gunungan Sampah Dari Jembatan Bagbagan

Sukabuminow.com || Belasan meter kubik sampah berhasil dikeruk dari bawah Jembatan Bagbagan melalui kegiatan gotong royong Jumsih (Jumat Bersih).

Denis Eriska, Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Perkimsih (Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Kebersihan) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengatakan kegiatan tersebut telah lama direncanakan bersama komunitas penggiat sosial.

“Kami rencanakan bersihkan sampah di beberapa jembatan. Kemarin yang kami sentuh pertama kali Jembatan Marinjung di Cimaja. Hari ini baru Jembatan Bagbagan,” ungkap Denis di lokasi kegiatan, Jumat (16/11/18).

Denis Eriska. Foto : Sukabuminow

Kolaborasi Dinas Perkimsih, unsur Kecamatan Simpenan, masyarakat, komunitas Paguris (Pencinta Alam Gunung Rimba Sungai), MyPalabuhanratu, pelajar, Kompepar (Komunitas Penggerak Pariwisata), IBR (Indonesia Bergerak), dan lainnya sukses mengangkat 17 meter kubik sampah dari bawah Jembatan Kuning bersejarah dan jembatan penghubung Palabuhanratu-Pajampangan disampingnya.

“Ini lebih banyak. Di Jembatan Marinjung beberapa waktu lalu, kami mengangkat 14 meter kubik sampah,” terang Denis.

Baca Juga :

Untuk mencegah masyarakat membuang sampah kembali di tempat itu, Denis telah menempatkan piramid untuk menampung sampah sementara.

“Jangan buang sampah ke bawah jembatan lagi. Harus dijaga, dirawat sama-sama. Apalagi salah satunya adalah jembatan bersejarah,” ajaknya.

Denis mengaku akan semakin gencar melakukan operasi Yustisi untuk menegakkan Perda (Peraturan Daerah) Nomor 13 tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah dan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan yang telah dilakukan di wilayah Utara dan menjaring banyak pelanggar.

“OTT (Operasi Tangkap Tangan) buang sampah sembarangan masih terus dilakukan. Kami lakukan secara keliling. Nanti pasti akan ke Jembatan Bagbagan juga. Tunggu saja tanggal mainnya,” tutupnya. (Yadi)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close