AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Data dan Fakta Kecamatan Palabuhanratu

Sukabuminow.com II Dengan luas wilayah mencapai 10.287,985 hektare, Kecamatan Palabuhanratu memiliki berbagai persyaratan untuk dapat terus berkembang dan maju. Terlebih, perannya sebagai Ibukota Kabupaten Sukabumi, harus menampilkan wajah yang sesuai selayaknya ibukota.

Camat Palabuhanratu, Ali Iskandar, terus berbenah dan kerap memberikan motivasi kepada sembilan desa dan satu kelurahan di wilayahnya, untuk berperan dalam pembangunan. Baik pembangunan secara fisik berbasis kinerja maupun pembangunan sumber daya manusia.

Kecamatan Palabuhanratu memiliki 1.367,240 hektare area persawahan dan 8.920,745 hektare area bukan persawahan. Dari angka tersebut dapat dikatakan, jika Kecamatan Palabuhanratu memiliki potensi yang sangat besar dalam hal pertanian.

Potensi pertanian yang dimiliki antara lain tanaman hortikultura buah durian yang mampu bersaing. Durian Cimanggu, Cibodas, dan Buniwangi sejauh ini memiliki kualitas yang bagus.

Tak hanya itu, Palabuhanratu yang berbatasan dengan Kecamatan Cikidang di utara, dengan Kecamatan Bantargadung di sebelah timur, Kecamatan Simpenan di selatan, dan Kecamatan Cikakak dan Samudera Indonesia di barat tersebut, memiliki sektor lainnya sebagai primadona bahkan menjadi sumber utama usaha masyarakat.

Sektor kelautan menjadi nomor satu. Malah bisa dikatakan, sektor kelautan ini sebagai penggerak roda bisnis di Kecamatan Palabuhanratu. Teluk Palabuhanratu sangat mempengaruhi masyarakat untuk menjadikannya sumber mata pencaharian utama sebagai nelayan. Produksi perikanan di Palabuhanratu pada tahun 2017 saja mencapai 3.839.057 kilogram.

Kecamatan Palabuhanratu tercatat sebagai salah satu wilayah yang masuk dalam Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG). Sehingga sektor pariwisata menjadi hal yang juga paling diperhatikan. Sebab bagaimanapun, bicara pariwisata Kabupaten Sukabumi, erat hubungannya dengan Palabuhanratu.

Dari dulu, Palabuhanratu sebagai tujuan destinasi pariwisata Kabupaten Sukabumi. Wisata pantai yang setiap tahun tak pernah sepi dari pengunjung apalagi statusnya berada di kawasan CPUGG. Bahkan Pemkab Sukabumi menjadikan wilayah Palabuhanratu sebagai salah satu titik pantau untuk Piala Adipura. Kerja ekstra perangkat kecamatan selalu optimal sejauh ini.

Terdapat sembilan desa dan satu kelurahan di Kecamatan Palabuhanratu, di antaranya Citepus, Citarik, Buniawangi, Cikadu, Pasirsuren, Tonjong, Cibodas, Jayanti, Cimanggu, dan Kelurahan Palabuhanratu. Hingga April 2018 lalu, jumlah penduduk Kecamatan Palabuhanratu tercatat 108.085 jiwa dalam 37.763 kepala keluarga.

Saat ini, Pemerintah Kecamatan Palabuhanratu tengah berkonsentrasi menggenjot pemasukan dari sektor perpajakan masyarakat sebagai kontribusi terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Sukabumi. Sebagai catatan, tahun 2017 lalu, Kecamatan Palabuhanratu mampu berkontribusi sebesar 23,92 persen atau 370.639.104 rupiah dari target 1.067.075.859 rupiah.

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button