BisnisKabupaten SukabumiPertanian

Belasan WUB di Kabupaten Sukabumi Naik Kelas

Sukabuminow.com || Sebanyak 12 pelaku usaha pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sukabumi. Jawa Barat. Mengikuti Pelatihan Wirausaha Baru : WUB Naik Kelas Bidang Perkebunan Tingkat Jabar. Angkatan ke-2. Di Hotel Karang Setra. Bandung.

Kepala Seksie Penatausahaan Perkebunan. Pada Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi : Gumilar Permana. Mengatakan kegiatan telah berlangsung. Pada27 hingga 30 April 2019 lalu.

“12 orang ini adalah para alumni. Yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya. Total peserta 60 orang,” tutur Gumilar. Saat dikonfirmasi Sukabuminow. Selasa (7/5/19).

Ke-12 pelaku usaha. Yang mengikuti pelatihan. Yang diselenggarakan Bidang Sumber Daya Perkebunan Dinas Perkebunan Jawa Barat tersebut. Terdiri dari pelaku usaha kopi : Jampang. Wayang. Bumi Kopi. Gede Pangrango. Dan kopi Gunung Tanjung. Selanjutnya pelaku usaha gula semut aren. Dari Kebonpedes dan Cireunghas. Pelaku usaha teh putih dan teh hijau Tjisitoe. Dan teh hijau Cihaur. Serta pelaku usaha minyak cengkeh. Dari Cimanggu Palabuhanratu.

“WUB tingkat Jabar. Dimulai tahun 2010. Setiap tahun kami kirim. Kecuali tahun 2016. Kita sempat absen,” paparnya.

Baca Juga  :

Gumilar menegaskan. Sejak tahun 2017. Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi. Telah memiliki 180 orang alumni. Untuk tahun ini. Angkatan pertama pelatihan WUB dari Kabupaten Sukabumi. Sebanyak 6 orang. Pada bulan Maret 2019.

“Tujuan dari pelatihan ini. Adalah untuk tetap menjaga semangat enterpreneur. Dan lebih mengembangkan usahanya. Menjadi lebih luas. Ke-12 orang itu mendapatkan sertifikat. Ada 5 angkatan pelatihan tahun ini. Angkatan ketiga akan digelar setelah lebaran,” jelasnya.

Para peserta pelatihan tersebut. Mempelajari 8 materi pelajaran. Dalam waktu 49 jam. Di antaranya : 9 jam pelajaran Pengembangan produk. 4 jam pelajaran Branding. 10 jam pelajaran Selling Product. 4 jam pelajaran Digital Marketing. 2 jam pelajaran Legalitas Usaha. 9 jam pelajaran Pembukuan Sederhana. 3 jam pelajaran Kemitraan dan Jaringan Usaha. Dan 8 jam pelajaran Bechmarking ke Unit Produksi.

“Ke depan. Mereka harus tetap berusaha dan menciptakan jejaring pasar. Serta pola kemitraan. Diharapkan pemasaran mereka menjadi lebih luas. Sehingga kesejahteraannya meningkat,” pungkasnya.

Narasumber pelatihan. Berasal dari 4 unsur. Di antaranya : Kamar Dagang dan Industri : Kadin Jawa Barat. Akademisi dari Universitas Padjajaran : Unpad. Lembaga Sertifikasi dan Standarisasi Mutu Jawa Barat. Dan Dinas Perkebunan Jawa Barat. (Iduy)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close