Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Belasan Kasus Narkoba Diungkap, Barang Bukti Capai Ratusan Juta Rupiah

Sukabuminow.com || 16 kasus penyalahgunaan narkoba berhasil diungkap Polres Sukabumi selama Oktober dan November 2022.

Dari jumlah itu, empat kasus di antaranya sabu, satu kasus ganja, 10 kasus obat keras terbatas, satu kasus miras. Selain itu, 17 tersangka berhasil diciduk.

“Tersangka terdiri dari 15 laki-laki dan dua perempuan. Malah yang satu orang perempuan itu residivis,” terang Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah, dalam konferensi pers di Halaman Mapolres Sukabumi, Kamis (10/11/22).

“Yang obat keras terbatas ada dua orang perempuan, dan satu orangnya merupakan residivis.

Sedangkan untuk barang bukti, petugas menyita 71,59 gram sabu, 629 gram ganja, 13.183 butir hexymer dan tramadol, dan 112 botol miras berbagai merek.

“Jika diuangkan, barang bukti semuanya bernilai seratus enam puluh delapan juta sembilan ratus ribu rupiah (168.900.000),” bebernya.

Modus operandi yang digunakan para tersangka, kata Dedy, yakni dengan menempelkan barang haram tersebut di tempat-tempat tertentu.

“Untuk miras, itu langsung mereka order dan dibawa menggunakan mobil grand max jadi langsung to the point ke lokasi,” ungkapnya.

Para tersangka kasus narkotika akan disangkakan Pasal 114, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Sedangkan tersangka pengedar obat keras terbatas disangkakan Pasal 196 dan atau Pasal 197 Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

“Untuk tersangka miras dikenakan Pasal 11 Perda Kabupaten Sukabumi nomor 7 tahun 2005 tentang larangan miras dengan ancaman hukuman 6 bulan penjara,” tegasnya.

Di tempat sama, Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Sukabumi, AKP Kusmawan menambahkan, para tersangka pengedar obat keras terbatas mendapatkan barang tersebut dengan berbagai cara. Di antaranya melalui suplai langsung ke lokasi hingga secara online.

“Mereka sudah 10 bulan beroperasi. Kebanyakan kiriman dari Bogor atau Jakarta,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button