Kabupaten Sukabumi

Uji Coba Sirine Peringatan Dini Tsunami Dilakukan, Warga Jangan Panik!

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), berencana melakukan uji coba alat peringatan dini tsunami di pesisir pantai Palabuhanratu. Uji coba tersebut diagendakan Kamis (26/8/21) pukul 10 pagi.

Menurut Staf Observatori BMKG Bandung wilayah Palabuhanratu, Riw Sulsaladin, uji coba dilakukan untuk memeriksa alat tersebut apakah masih berfungsi atau tidak.

“Uji coba akan dilakukan di Geopark Informasion Center (GIC) dan Kantor Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, mulai pukul 10,” terangnya, Rabu (25/8/21).

Riw mengatakan, alat yang diuji cobakan akan mengeluarkan bunyi sirine. Untuk teknisnya sebelum sirine peringatan tsunami dinyalakan, petugas berwenang akan menjelaskan melalui pengeras suara bahwasannya akan dilakukan uji coba sirine peringatan dini tsunami.

“Kita sudah kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sudah menyebar berita melalui media sosial, radio, kantor kecamatan, dan desa setempat. Nanti uji coba bunyi sirine di ulang sebanyak 3 kali,” terangnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Plt Kalak BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani, mengimbau masyarakat agar tidak panik jika mendengar bunyi sirine tersebut.

“Intinya masyarakat jangan panik. Itu uji coba untuk mengetahui apakah alat ini berfungsi dan terintegrasi ke BPBD sebagai pusat pengendali. Ke depannya akan terus di uji cobakan setiap tanggal 26 Agustus,” ungkapnya.

“Tanggal 26 Agustus dipilih karena telah dijadikan hari kesiap siagaan nasional. Mengenai tsunami dan gelombang tinggi, masyarakat hanya diimbau lebih waspada dan tidak percaya kepada isu dan hoaks,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close