Kabupaten Sukabumi

Uji Coba Pendeteksi Tsunami, Suara Sirine Belum Maksimal

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Alat pendeteksi dini tsunami baru saja diuji cobakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Kamis (26/8/21).

Uji coba alat dilakukan di Gedung Geopark Information Center (GIC) Citepus.

Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani, menilai uji coba sirine peringatan dini tsunami kurang maksimal.

“Tadi kita sudah mencoba suara sirine. Memang tidak maksimal, suaranya tidak begitu kedengaran,” terang Anita di GIC Citepus usai uji coba sirine tsunami.

Menurut Anita, belum maksimalnya alat tersebut menjadi evaluasi BPBD dan BMKG agar sirine pendeteksi tsunami bisa berfungsi dengan baik dan didengar masyarakat luas.

“Kita mengupayakan alat ini bisa bekerja maksimal. Kita harus kontinyu mengetes alat ini. Kita sepakat, setiap tanggal 26 akan melakukan uji coba bunyi sirine pendeteksi dini tsunami sesuai dengan hari kesiap siagaan nasional,” terangnya.

“Saya berharap, BMKG secepatnya memperbaiki dan memaksimalkan fungsi dari alat-alat yang sudah dipasang oleh mereka,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close