PemerintahanPertanian

Tingkatkan Nilai Ekonomi Produk UMKM, Sekda : Kemasan Harus Lebih Menarik

Sukabuminow.com || Iyos Somantri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memotivasi masyarakat dalam hal ini pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk terus berinovasi. Lebih spesifik ia menyebut cara tanam dan pengolahan tanaman pangan hasil perkebunan di Kabupaten Sukabumi.

“Masih banyak yang harus kita olah menjadi olahan pangan kreatif. Jangan putus asa dalam menjalankan usaha di bidang ini,” tutur Iyos usai membuka Bimtek Kemasan Produk Kreatif Hanjeli dan Markisa di Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, di Aula Kantor Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Rabu (21/11/18).

Baca Juga  :

Pria yang tengah menjalani proses akhir Diklatpim (Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan) I itu menjelaskan, Pemkab Sukabumi masih terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan dan menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat.

“Saya meminta pelaku UMKM untuk serius menimba ilmu dari Bimtek ini. Agar lebih memahami cara menanam hingga mengolah dan mengemas produk UMKM-nya,” paparnya.

Iyos Somantri (bertopi), meninjau lahan untuk budidaya hanjeli dan markisa di Kecamatan Waluran. Foto : Sukabuminow

Ia berharap, pelaku UMKM di Kecamatan Ciracap dan Waluran dan umumnya di Kabupaten Sukabumi mampu memberikan yang terbaik dalam hal inovasi baik olahan makanan maupun pengemasan. Sehingga mampu bersaing dengan produk lainnya.

“Saya juga berharap, hanjeli dan markisa akan menjadi ikon tetap Kecamatan Ciracap dan Waluran yang mendunia,” tandasnya. (Yadi)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close