AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPertanian

Tingkatkan Kualitas Pertanian, Peran Penting Penyuluh Dibutuhkan

Sukabuminow.com || Penyuluh pertanian di Kabupaten Sukabumi menjadi ujung tombak dalam menyukseskan program prioritas di bidang pertanian. Atas dasar itu, peningkatan kapasitas para penyuluh pertanian mutlak dilakukan sehingga mampu memberikan yang terbaik saat bekerja di lapangan.

Subkoordinator Penyuluhan pada Bidang Penyuluhan Dan Pengembangan Usaha Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Yuyus Yustriana mengatakan, pihaknya rutin menggelar kegiatan bertajuk Temu Tugas Penyuluh.

“Itu kegiatan rutin yang kita agendakan. Kita manfaatkan untuk bertukar ilmu dan inovasi terbaru di sektor pertanian. Kemudian juga menjadi momentum penyampaian kebijakan dinas, pemda, baik provinsi ataupun Kementerian Pertanian RI,” tuturnya

Temu Tugas Penyuluh, kata Yuyus, konsisten dilakukan setiap bulannya. Adapun tempat yang dipilih untuk kegiatan, yakni Gedung Balai Penyuluh Pertanian masing-masing wilayah.

“Untuk tempat temu tugas biasanya setiap BPP di setiap wilayah kebagian menjadi tuan rumah,” bebernya.

Kabupaten Sukabumi memiliki 221 orang penyuluh yang tersebar di tujuh wilayah. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya telah pensiun hingga April lalu. Jumlah tersebut, diakuinya masih sangat kurang.

“Idealnya satu orang mendampingi petani di satu desa. Sekarang satu orang penyuluh membina lebih dari satu desa, ada yang tiga malah empat desa,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Subkoordinator Penatausahaan Pertanian, Gumilar Permana menegaskan, Temu Tugas Penyuluh memiliki kaitan penting dengan bidang pekerjaannya. Kaitan yang paling utama adalah aspek diversifikasi usaha (produk hilir) dalam upaya menciptakan nilai tambah (added value) yg diperoleh petani atau pelaku usaha.

“Kami menyerap segala hal dan isu yang diungkapkan dan dibahas dalam forum. Sehingga kita akan tahu apa yang sedang dibutuhkan dan harus dilakukan di lapangan oleh para penyuluh untuk mendukung peningkatan kualitas pertanian,” jelas Gumilar.

Gumilar berharap, Temu Tugas Penyuluh dapat menjadi sarana bagi para penyuluh pertanian di Kabupaten Sukabumi sebagai ajang untuk menjaga silaturahmi dan memantapkan semangat serta marwah kepenyuluhan serta meraih target yang telah ditentukan.

“Dengan dinamika yang selalu berkembang pada sektor pertanian, diharapkan penyuluh selalu berada di garda terdepan dalam mengawal peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian. Memiliki peran dalam pendampingan peningkatan kesejahteraan pelaku usaha pertanian, agen penjaga ketahanan pangan, senantiasa menjadi agen pembaharu dengan inovasi baru dan terbarukan dalam semua aspek kegiatan pertanian, dan yang tidak kalah penting adalah mendapatkan dukungan kebijakan maupun anggaran yang proporsional demi mendukung penyuluh yang profesional,” harapnya. (Andra)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button